Kamis, 28 Maret 2024

Seluruh Jatim Alami Hari Tanpa Hujan, 8 Daerah Memasuki Kekeringan Ekstrem

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Peta kekeringan di Jatim. Foto: Stasiun Klimatologi Malang.

Stasiun Klimatologi Malang di Karang Ploso telah merilis hasil monitoring hari tanpa hujan di Wilayah Jawa Timur. Sedikitnya, 8 daerah di Jatim telah memasuki kekeringan ekstrem karena mengalami hari tanpa hujan sangat panjang (31 sampai 60 hari).

Delapan daerah yang mengalami kekeringan adalah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Malang, Probolinggo, Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi.

Arif Krisna Prakirawan BMKG Juanda membenarkan jika anomali curah hujan terjadi di seluruh wilayah Jatim. Hasil pantauan Citra Satelit, untuk daerah-daerah yang disebut di atas terpantau tidak terjadi hujan.

“Hampir seluruh Jatim memang sudah di musim kemarau. Menurut prakiraan BMKG pusat dan monitoring pos-pos hujan yang tersebar di Jatim, memang terjadi anomali curah hujan,” katanya dihubungi suarasurabaya.net, Senin (11/9/2017).

Menurut Arif, monitoring perdasarian atau dalam 10 hari telah dilakukan untuk mengupdate kondisi cuaca ini. Selanjutnya, update terbaru akan dilakukan pada tanggal 20 September depan. (bid/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs