Jumat, 19 April 2024

TNI akan Unjuk Kemampuan Alutsista di HUT TNI ke-72 di Cilegon

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Tim Aerobatik Jupiter TNI AU melakukan atraksi di udara saat gladi bersih HUT ke-72 TNI, di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, Selasa (3/10/2017). Peringatan HUT ke-72 TNI akan berlangsung di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, pada Kamis (5/10/2017). Foto: Antara

TNI akan menggelar parade pasukan dan alutsista di Dermaga Kiat Indah Cilegon, Kamis (5/10/2017) sebagai rangkaian dari puncak Peringatan HUT TNI ke-72.

Jokowi Presiden yang juga merupakan Panglima Tertinggi TNI menurut rencana akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Brigadir Jenderal TNI Wuryanto Kepala Pusat Penerangan TNI dalam siaran persnya mengatakan, selain parade TNI juga akan menampilkan latihan gabungan dengan menggunakan alutsista andalan dari masing-masing. Latihan gabungan ini akan melibatkan sekitar 5.933 personel.

TNI AD akan mengerahkan tiga unit master Kopasus, enam unit P6 atap Kopasus, tempur unit senpi Kopasus dan sembilan kendaraan tempur Anoa dan lainnya.

TNI AL 48 KRI berbagai kelas dan 17 unit fixed wing.

Sedangkan untuk demo di udara TNI AU akan menampilkan dua unit pesawat Cesna 172, dua unit helikopter SAR, dua unit helikopter net 332 VVIP, satu unit drone, dua unit pesawat CN295 dan satu unit cadangan untuk terjun bebas. TNI AU juga mengerahkan pesawat CN295, lima unit IMP 314, super Tocano, delapan unit SU2730, delapan unit pesawat F16.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Panglima TNI mengatakan, perayaan HUT TNI ke-72 kali ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Makna yang terkandung adalah kesadaran TNI yang bersumber dari rakyat dan bertindak bersama rakyat.

Kata Panglima, sejarah telah membuktikan bahwa yang merebut kemerdekaan ini adalah rakyat. TNI tidak pernah berjuang sendiri, selalu bersama dengan rakyat maka sentra kekuatan TNI adalah bersama rakyat.

“Tanpa rakyat TNI tidak ada apa-apanya dan tidak pernah gagal dalam berjuang,” katanya. (dwi/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs