Kamis, 2 Mei 2024

Tambah 2 Fakultas, Kini ITS Miliki 10 Fakultas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Joni Hermana Rektor ITS Surabaya berikan ucapan selamat. Foto: humas ITS

IInstitut Teknlogi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya secara resmi memiliki 10 fakultas, yang sebelumnya hanya 8 fakultas. Ini ditandai dengan pelantikan pejabat baru mengisi posisi pimpinan di fakultas yang baru tersebut, Kamis (31/8/2017), di Gedung Pusat Robotika ITS.

Penambahan dua fakultas baru ini sebenarnya merupakan hasil pemisahan dari dua fakultas yang sebelumnya memang sudah ada.

Sebelumnya di ITS ada delapan fakultas yang terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), Fakultas Teknologi Informasi (FTIf), Fakultas Teknologi Elektro (FTE), Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi (FBMT) dan Fakultas Vokasi (FV).

Saat ini, FMIPA terbagi dua menjadi Fakultas Ilmu Alam (FIA) dan Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data (FMKSD). Sedangkan FTSP terbagi menjadi Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian (FTSLK) dan Fakultas Arsitektur, Desain dan Perencanaan (FADP). Total ada 10 fakultas di kampus ITS.

Kewenangan melakukan perubahan ini, setelah ITS berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 83 Tahun 2014 tertanggal 17 Oktober 2015, setelah sebelumnya merupakan PTN Badan Layanan Umum (BLU).

PTNBH memiliki otonomi luas dalam hal akademik. Salah satunya, ITS juga dapat membuka dan menutup program studi. Sehingga ITS melakukan restrukturisasi fakultas.

Menurut Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) ITS, mulai September 2017 ini, fakultas di ITS lengkap berjumlah 10 fakultas.

“Proses pembentukannya bertahap. Ada tahapan menyangkut kesiapan infrastrukturnya. Karena itu, hal ini dilakukan untuk meraih restrukturisasi sepuluh fakultas,” terang Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD, rektor ITS.

Di antara para pejabat yang dilantik adalah Prof Dr Agus Rubiyanto MEngSc sebagai Dekan FIA, Hamzah Fansuri SSi MSi PhD sebagai Wakil Dekan FIA, Prof Dr Basuki Widodo MSc sebagai Dekan FMKSD, Dr Dra Ismaini Zain MSc sebagai Wakil Dekan FMKSD, Ir Purwanita Setiaji MSc PhD sebagai Dekan FADP, Ir Baroto Tavip Indrojarwo MSi sebagai Wakil Dekan FADP, IDAA Warmadewanti ST MT PhD sebagai Dekan FTSLK, dan Budi Suswanto ST MT PhD sebagai Wakil Dekan FTSLK.

Pada waktu bersamaan, juga dilakukan pelantikan beberapa pejabat unit kerja lainnya di lingkungan ITS Surabaya.

Dalam sambutannya, Joni berharap dengan adanya pelantikan tersebut, masing-masing fakultas dapat fokus untuk mengembangkan prestasi dan kinerja yang dilakukan lebih baik, serta terus melakukan evaluasi.

“Artinya dalam pelantikan ini, mereka yang dipilih kita anggap yang terbaik dari yang terbaik. Kami berharap mereka mau menunjukkan potensi secara maksimal agar bisa mengangkat nama ITS ke depannya lebih baik lagi,” kata Joni Hermana.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs