Jumat, 3 Mei 2024

Truk dan Bus Karoseri Tak Perlu Lagi Mengurus SRUT ke Jakarta

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Wahid Wahyudi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Foto: Istimewa

Mengurus izin kendaraan keluaran karoseri kini bisa dilakukan secara online. Jika sebelumnya, karoseri yang memproduksi badan dan bak kendaraan, seperti bus maupun truk, harus ke Jakarta, sekarang Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) bisa didapatkan secara online. Tidak perlu lagi ke Jakarta.

“Kita sudah tandatangani MoU dengan Kementerian Perhubungan. Prinsipnya pemilik karoseri yang mengurus SRUT kini bisa dari rumah secara online,” kata Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, ketika berbincang dengan suarasurabaya.net, Kamis (14/9/2017).

Dengan cara online, maka karoseri yang mengurus SRUT kendaraan bermotor cukup mengunggah data secara online tidak perlu datang ke Kementerian Perhubungan. Petugas dari Kemenhub juga tidak perlu datang ke Karoseri untuk melakukan cek fisik kendaraan. Semua proses SRUT bisa dibantu petugas dari Dinas Perhubungan Provinsi, termasuk cek kendaraan tidak perlu harus menerjunkan tim dari Jakarta.

Setelah cek fisik dilakukan oleh Dishub Provinsi, hasilnya akan dikirimkan ke Kemenhub sehingga tinggal ditandatangani oleh Dirjen Perhubungan Darat. Proses yang semula butuh waktu lebih dari 1 bulan, kini 1 hari atau paling lama 2 hari bisa diselesaikan.

“Keuntungan lainnya, pengusaha tidak kehilangan biaya transportasi ke Jakarta, juga tidak kehilangan biaya akomodasi selama ngurus di Jakarta,” kata Wahid. Sistem ini, kata dia, juga untuk menghindarkan timbulnya pungli.

Adapun aturan berkaitan dengan sistem ini, kedua pihak telah membuat dibuat MoU nomor: Hk.201/2/7/DJPD/2017, yakni antara Kemenhub dengan Pemprov Jawa Timur. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jatim juga telah membuat Peraturan Gubernur nomor 188.4/2078/113.3/2017 berkaitan sistem baru ini.

Dari data yang ada, jumlah karoseri di Jawa Timur saat ini mencapai 118 dengan jumlah kendaraan yang dihasilkan atau dirancang bangun mencapai 1.700 kendaraan per bulan. Kendaraan rancang bangun karoseri sebagian di antaranya adalah truk dan bus.(fik/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs