Kamis, 28 Maret 2024

22 Keluarga Diungsikan karena Lubang Besar Menganga di Roma

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Setidaknya 22 keluarga dievakuasi pada Rabu (14/2/2018) petang setelah sebuah lubang besar menganga di jalanan di kawasan barat laut ibu kota Italia, Roma, menurut laporan media setempat, Kamis (15/2/2018).

Sedikitnya enam mobil terperosok ke dalam lubang berkedalaman 10 meter itu menjelang pukul 18.00 waktu setempat.

Tidak ada laporan soal korban namun pihak berwenang memerintahkan agar 22 keluarga yang tinggal di apartemen-apartemen dalam dua blok diungsikan sebagai upaya pencegahan.

“Secara keseluruhan, warga yang dievakuasi berjumlah 50 hingga 60 orang,” menurut laporan kantor berita Ansa, yang mengutip Virginia Raggi Wali Kota Roma.

Gedung-gedung apartemen akan menjalani pemeriksaan keselamatan sebelum keluarga-keluarga yang diungsikan bisa kembali, menurut wali kota seperti dilansir Antara.

Jika belum aman untuk kembali, mereka akan diberi tempat tinggal sementara oleh kantor wali kota, tambah Raggi.

Insiden lubang menganga itu terjadi di Balduina, yang merupakan kawasan permukiman mewah di Roma barat laut.

Para petugas pemadam kebakaran pada Kamis melanjutkan tugas mereka setelah bekerja hingga larut pada Rabu malam untuk mengamankan kawasan itu.

Raggi, yang mendatangi lokasi setelah insiden muncul, mengatakan kepada para wartawan bahwa penyelidikan sudah diluncurkan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab lubang menganga dan bahwa pihak-pihak yang terkait atas munculnya lubang besar itu “harus mempertanggungjawabkannya”.

Selain di kawasan tempat lubang besar muncul, para pekerja konstruksi sedang menggarap blok-blok apartemen baru dan sebuah tempat parkir bawah tanah sedang dibangun sejak Oktober 2017, menurut media setempat.

Beberapa warga setempat sudah pernah melaporkan kebocoran air di jalan yang terkena dampak pada bulan lalu. Perbaikan telah dilakukan beberapa kali antara 25 Januari dan 28 Januari.

Pada Kamis, kejaksaan di Roma membenarkan bahwa penyidikan telah dibuka terhadap kasus tersebut.

Lubang menganga bukan peristiwa pertama serupa yang pernah terjadi di Roma.

Pada Mei tahun lalu, lubang selebar lima meter muncul di bukit Gianicolo di distrik Monteverde setelah hujan mengguyur pada malam hari. Tidak ada orang yang dilaporkan mengalami luka.

Pada pertengahan Januari, seorang perempuan berusia 78 tahun terjatuh ke dalam lubang lainnya, yang berkedalaman dua meter, di kawasan permukiman Nomentano. Perempuan tersebut dibawa ke rumah sakit dengan luka ringan. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs