Jumat, 26 April 2024

Banser Ikut Menjaga Keamanan Malam Natal di Sejumlah Gereja Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Marno anggota Banser Jakarta Pusat membantu pengamanan Misa Malam Natal di Katedral Jakarta, Senin (24/12/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net

Misa Malam Natal di Katedral Jakarta berlangsung dengan aman, damai dan tertib. Situasi dan kondisi yang kondusif itu antara lain berkat kesiapsiagaan aparat keamanan dari Polri, TNI, satuan pengamanan gereja, dan ormas.

Salah satu ormas yang kerap ikut menjaga keamanan Malam Natal adalah Barisan Ansor Serbaguna (Banser) organisasi sayap Nahdlatul Ulama (NU).

Pantauan di lokasi, sekitar 10 orang Anggota Banser terlihat ikut mengatur lalu lintas di jalan raya depan Katedral Jakarta yang berhadapan dengan Masjid Istiqlal.

Bersama anggota Polri, para anggota Banser memberhentikan kendaraan di bawah lampu lalu lintas, untuk membantu menyeberangkan para jemaat yang akan mengikuti Misa Malam Natal.

“Kami diperintahkan untuk membantu pengamanan di sini sampai acara selesai. Total ada 40 Anggota Banser yang ditugaskan di daerah sini. Dua puluh orang di Katedral, 20 orang lagi di Gereja Immanuel,” ujar Marno Anggota Banser Jakarta Pusat, kepada suarasurabaya.net, Senin (24/12/2018) malam.

Marno menambahkan, dia dan rekan-rekannya hanya mendapat perintah membantu pengamanan Misa Malam Natal. Sedangkan untuk Hari Natal, Selasa (25/12/2018), dia mengaku belum ada arahan dari pimpinannya.

Sebelumnya, Susyana Suwadie Humas Katedral Jakarta menyampaikan terima kasih atas peran aktif ormas khususnya Banser yang tiap tahun membantu pengamanan Malam Natal.

“Dengan bantuan Banser bersama Polisi dan TNI membuat jemaat yang menjalankan ibadah Misa Malam Natal jadi lebih tenang,” ucapnya.

Dia juga menilai bantuan Banser sebagai bentuk dukungan, serta perwujudan toleransi antarumat beragama. (rid/dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs