Kamis, 13 Mei 2021
Angkutan Lebaran

Cek Kesiapan Armada Bus, Melanggar Langsung Diberi Sanksi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pemeriksaan kelengkapan armada bus di Terminal Purabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan armada bus diperiksa kelengkapannya, Selasa (22/5/2018) menjelang pelaksanaan angkutan Idul Fitri 2018 ini oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Mereka yang tidak melengkapi kelengkapan operasional langsung diberi sanksi.

“Ini memang rutin digelar, sebelum pelaksanaan angkutan Idul Fitri. Pemeriksaan kelengkapan operasional armada bus dilakukan. Armada bus yang tidak melengkapi diri dengan kelengkapan operasional armadanya diberi sanksi,” kata Hardjo Kasubnit Operasional dan Ketertiban Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo.

Setiap bus yang diperiksa wajib menunjukkan surat-surat untuk operasionalisasi armada bus. Seperti izin trayek, STNK, serta SIM milik awak bus. “Termasuk kelengkapan kendaraan atau armada bus juga diperiksa,” tambah Hardjo.

Ditanya sanksi yang diberikan kepada pelanggar apa, Hardjo tidak secera spesifik menyebutkan. “Kalau surat-surat kendaraan, temasuk izin trayek, STNK dan SIM itu kan wajib, kalau tidak dibawa ya ditindak. Diberi sanksi,” kata Hardjo.

Nantinya, lanjut Hardjo pemeriksaan armada bus, termasuk pemeriksaan kesehatan awak bus menjelang pelaksanaan angkutan Idul Fitri akan dilakukan di lingkungan Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo.

“Pelaksanaan pemeriksaan memang kami lakukan mendadak. Ini juga untuk mengetahui bagaimana awak bus mematuhi aturan dan ketentuan terkait dengan operasionalisasi kendaraan mereka,” tegas Hardjo.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Kamis, 13 Mei 2021
30o
Kurs