Minggu, 5 Mei 2024

Dilengkapi Deteksi Banjir, Lift JPO Basuki Rachmad Siap Dioperasionalkan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Seorang teknisi melakukan uji coba perangkat pendeteksi banjir yang dipasang dibagian ruang lift jembatan penyeberangan orang Jl. Basuki Rachmad. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pembangunan lift jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Basuki Rachmad, Rabu (10/10/2018) dilengkapi dengan alat deteksi banjir yang secara otomatis memberikan informasi jika lift mulai terendam air atau banjir.

Perangkat di dalam ruang lift bagian bawah tersebut, secara otomatis akan memberikan informasi pada mesin lift yang biasa mengangkat orang-orang yang ada dialam ‘kapsul’ lift naik dan turun untuk berhenti secara otomatis.

“Perangkat itu yang memberikan informasi lift untuk berhenti beroperasional. Banjir atau genangan air itu langsung disedot dengan perangkat pompa air. Tapi alat itu juga yang menghentikan lift beroperasional,” terang Rachmat kepala tim maintenance PT Warna-warni Media.

Ditambahkan Rachmat alat pemantau banjir dipasang di kedua lift yang ditempatkan di jembatan penyebarangan orang (JPO) Jl. Basuki Rachmad, dan Rabu (10/10/2018) sejumlah pekerja melakukan uji coba perangkat tersebut dikedua lift yang masih dalam pengerjaan.

Lift di JPO Jl. Basuki Rachmad, ditambahkan Rachmat memang menjadi satu diantara lift yang nantinya memang dilengkapi beberapa fasilitas seperti alat deteksi banjir, dan perangkat penyejuk ruangan atau air conditioning (AC).

Ditanya kapan penyelesaian seluruh lift di sejumlah jembatan penyeberangan orang yang ada di Kota Surabaya, Rachmat menambahkan secepatnya akan diselesaikan.
“Memang tidak bisa bersamaan, karena masing-masing JPO perlu diperiksa dan dikerjakan pondasinya lebih dahulu, tetapi secepatnya kami rampungkan,” pungkas Rachmat.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs