Jumat, 26 April 2024

Fragmen, Mini Drama Yang Ajarkan Keselamatan Berkendara

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Warga Kampung Banjar Sugihan, Surabaya pada Minggu. (25/11/2018) pagi, yang diwakili Ibu-Ibu PKK dan Karang Taruna (Kartar) kompak menampilkan mini drama berjudul Fragmen yang bercerita tentang keselamatan berkendara. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ada yang berbeda dari Roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya di Kampung Banjar Sugihan, Surabaya pada Minggu. (25/11/2018) pagi. Warga kampung yang diwakili Ibu-Ibu PKK dan Karang Taruna (Kartar) kompak menampilkan mini drama berjudul Fragmen. Fragmen bukan mini drama biasa. Mini drama ini bercerita tentang keselamatan berkendara.

Cerita berawal dari remaja yang berboncengan tiga dan tidak memakai helm. Mereka rencananya ingin pergi ke satu tempat dekat rumah mereka. Sebelumnya, mereka sudah diingatkan teman lainnya, tapi tidak peduli. Akhirnya, mereka terlibat kecelakaan dan karena tidak memakai helm, akhirnya mereka menderita cedera berat.

Wahyu Puji Agent Keselamatan Berkendara Kampung Banjar Sugihan, Surabaya menyebut, tujuan ditampilkannya mini drama ini agar warga bisa lebih menyadari pentingnya keselamatan berkendara dengan cara yang kreatif.

“Simulasi, jadi langsung ngena. Lebih menyentuh, kami sengaja mengadopsi dari Surabaya Membara,” kata Wahyu ketika ditemui disela-sela acara Roadshow di kampungnya pada Minggu (25/11/2018).

Ia menyebut, butuh waktu sekitar dua minggu untuk menyiapkan penampilan ini. Satu minggu pertama adalah proses diskusi pembuatan naskah dan satu minggu selanjutnya latihan untuk penampilannya.

“Drama sudah sering. Biasanya untuk acara semacam 17-an (peringatan hari kemerdekaan Indonesia, red),” katanya.

Ia berharap, dengan adanya mini drama ini, remaja dan semua orang di kampungnya lebih sadar pentingnya memakai kelengkapan berkendara. Menurutnya, saat ini kesadaran memakai helm dan jaket masih sangat kurang. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs