Kamis, 25 April 2024

Ini Kandungan Dalam Pembalut yang Diduga Bikin Nge-fly

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Belum lama ini masyarakat mendapati kenyataan tentang perilaku sekelompok remaja yang meminum air rebusan pembalut untuk mendapatkan sensasi nge-fly bak usai menyalahgunakan zat psikotropika.

Apakah sensasi semacam itu bisa muncul dengan meminum air rebusan pembalut?

Kombes Pol. Drs. Mufti Djusnir, MSi, Apt, Ahli kimia farmasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) memprediksi setidaknya ada dua zat yang terkandung dalam pembalut yakni zat penyerap air dan antiseptik atau chlorine yang juga bersifat antimikroba.

Chlorine yang diperuntukkan untuk pemakaian di bagian luar tubuh berbahaya jika sampai terminum. Efek yang muncul saat seseorang meminum cairan mengandung chlorine adalah keracunan.

“Chlorine memang tergolong antiseptik, antimikroba tetapi berisiko. Kalau sampai diminum bahaya. Saat penyerapan oleh tubuh, kalau memang dia zatnya beracun, biasanya ada reaksi tubuh yang spontan. Tubuh punya semacam alarm, kalau ada yang aneh-aneh, tubuh akan mengeluarkan,” papar Mufti, seperti dilansir Antara, Jumat (9/11/2018).

Salah satu reaksi keracunan yang seringkali muncul adalah pusing. Menurut Mufti, reaksi ini yang mungkin para peminum air rebusan pembalut sebagai sensasi fly.

“Reaksi zat yang terkandung dalam pembalut itu menyebabkan penyalaguna menjadi pusing, yang dia anggap nge-fly. Padahal pusing karena keracunan. Tetapi kami belum memastikan apakah semua pembalut mengandung chlorine,” kata dia.

Mufti menuturkan, ketimbang memikirkan risiko kesehatan yang terjadi, para penyalahguna lebih mementingkan sugesti yang terpuaskan.

“Para penyalahguna dan pecandu itu hanya sugesti yang dicari. Karena sudah kehabisan barang, tidak mampu beli lagi, dia coba-coba lah, yang penting bisa ada sensasinya. Saya pikir (air rebusan pembalut) eneg, pusing. Dia kira enak,” tutur dia.

Sebelumnya, BNN menemukan kasus remaja mabuk rebusan pembalut terjadi di beberapa wilayah tanah air, yakni di Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Perilaku ini para remaja anggap sebagai alternatif untuk ‘nge-fly’.(ant/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs