Jumat, 19 April 2024

Jalur Kereta di Ngawi Kembali Pulih, KAI Lakukan Uji Coba Jalur

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi, petugas memperbaiki rel kereta api di jalur antara Stasiun Kedungbanteng-Walikukun wilayah Ngawi, Jawa Timur. Foto: Antara

Supriyanto Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun menyatakan jalur kereta di antara Stasiun Kedungbanteng-Walikukun wilayah Ngawi, Jawa Timur yang sempat lumpuh akibat kecelakaan KA Sancaka, kini sudah pulih dan dapat dilalui.

Menurut dia, pulihnya jalur tersebut dikarenakan petugas telah berhasil mengevakuasi lokomotif KA Sancaka yang terguling dan menutupi jalur.

“Evakuasi lokomotif KA Sancaka yang terguling sudah selesai pada Sabtu pukul 21.30 WIB. Kemudian dilanjutkan perbaikan jalur yang selesai pada pukul 22.40 WIB,” ujar Supriyanto, Minggu (8/4/2018).

Seperti dikutip dari Antara, untuk memastikan kondisi jalur aman, maka dilakukan uji coba perjalanan melewati track dengan menggunakan crane.

“Perjalanan KA pertama yang melewati jalur tersebut adalah KA Malioboro Ekspres pada jam 01.19 WIB dengan kecepatan di antara 5-10 kilometer,” kata Supriyanto.

Selanjutnya, setelah KA Mailoboro, bergantian KA-KA dari arah barat dan timur melewati jalur Ngawi tersebut. Meski jalur telah pulih, pihaknya terus melakukan pemantauan.

“KAI memastikan kondisi jalur aman terlebih dahulu, sebelum dilalui oleh perjalanan KA. Lalu akan dipantau setiap waktu. PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA akibat kecelakaan KA Sancaka,” kata dia.

Seperti diketahui, Kereta Api Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya yang dimasinisi Mustofa mengalami kecelakaan dengan truk trailer pengangkut beton bantalan rel di perlintasan liar di km 215+8 pada Jumat (6/4/2018) yang berakibat lokomotif dan tiga gerbong penumpang di belakangnya anjlok. (ant/ino/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs