Jumat, 29 Maret 2024

Jaringan-jaringan Telepon Terganggu Akibat Gempa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lokasi titik gempa Donggala, Sulawesi Tenggara. Foto: bmkg.go.id

Gempa bumi dengan magnitudo 5,9 SR yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) sekitar pukul 15.30 WITA mengakibatkan kualitas layanan telekomunikasi telepon di wilayah tersebut terganggu.

“Gempa mengakibatkan terputusnya pasokan listrik PLN sehingga berdampak pada menurunnya kualitas layanan telekomunikasi Telkomsel,” kata GM External Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin kepada Antara di Jakarta, Jumat (28/9/2018) malam.

Menurut Denny, gangguan komunikasi khususnya terjadi di Kabupaten Donggala, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong.

“Saat ini kondisi listriknya masih padam sehingga kami sedang mengerahkan genset ke sejumlah BTS untuk back up,” ujarnya.

Meski begitu, Telkomsel berupaya maksimal dengan mengerahkan mobile back up power untuk mengurangi dampak gangguan tersebut.

Sementara itu, Tri Wahyuningsih General Manager Corporate Communication XL Axiata mengatakan kondisi jaringan masih aman.

“Hanya beberapa lokasi di Sulteng yang terganggu karena memang pasokan listrik yang dimatikan pascagempa,” ujar Tri Wahyuningsih.

Menurut BMKG, gempa ini terletak pada koordinat 0.35 LS dan 119,82 BT atau 8 kilometer barat laut Kota Donggala atau 60 kilometer utara Kota Palu dengan kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa tidak berlangsung lama, hanya beberapa detik, namun cukup membuat masyarakat berlarian keluar rumah untuk mengantisipasi kemungkinan buruk akibat gempa. (ant/nin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs