Jumat, 26 April 2024
Asian Games 2018

Jelang Asian Games, 169 Titik Panas Indikasi Kebakaran Hutan Tersebar di Sumatera

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kobaran api menyala dari lahan yang terbakar di Desa Ibul Besar I, Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (31/7/2018). Foto: Antara

Citra satelit pada Selasa pagi menunjukkan keberadaan 169 titik panas indikasi awal kebakaran hutan dan lahan yang tersebar di Pulau Sumatera. Sedangkan empat hari lagi, pembukaan Asian Games 2019 Jakarata Palembang akan segera digelar.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, titik panas paling banyak ada di Provinsi Riau (90) diikuti Sumatera Selatan (13), Bangka Belitung (27), Sumatera Utara (22), Sumatera Barat (10), Jambi (empat), dan Lampung (3).

Dilansir Antara, khusus di Riau, 57 dari 90 titik panasnya merupakan titik api dengan indikasi kebakaran dengan tingkat keyakinan di atas 70 persen.

“Rokan Hilir paling banyak titik api karena mencapai 42 titik,” kata Sukisno Kelapa BMKG Stasiun Pekanbaru.

Selain itu, ada 10 titik api di Kabupaten Bengkalis serta masing-masing satu titik api di Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai.

Satuan tugas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan Riau terus melakukan upaya pemadaman dari darat dan udara. Pemadaman kebakaran dari udara dilakukan dengan mengerahkan empat helikopter pengebom air.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs