Jumat, 26 April 2024

Kemensos Akan Adopsi Model Fasilitas Umum Ramah Difabel Dunia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Antara

Kementerian Sosial akan menyiapkan panduan penyediaan fasilitas umum ramah difabel dengan mengadopsi model terbaik di dunia namun juga tetap memperhatikan kearifan lokal.

“Kami akan membuat panduan, ada beberapa model, tadi juga disampaikan Pak Gubernur DKI Jakarta,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial di sela mendampingi Joko Widodo Presiden meninjau fasilitas umum untuk penyandang disabilitas di Kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Mensos mengatakan sudah melihat model terbaik ada di Dubai. Fasilitas umum untuk difabel di Dubai memiliki kode khusus, termasuk insentif kepada pengembang yang menyediakan fasilitas itu.

“Pak Gubernur Anies sudah mulai menerapkan, tapi ini kan perlu studi mana yang paling baik, karena kearifan lokal harus tetap ada,” katanya dilansir Antara.

Namun Agus sepakat dengan Anies bahwa model universal yang dibuat oleh Dubai merupakan model yang bagus. Menurut dia, perlu juga penyediaan payung hukum yang memaksa pengembang menyediakan fasilitas umum yang ramah difabel.

“Itu yang mau kami mulai sekarang, momen Asian Para Games 2018 ini kan sayang kalau kita gak pergunakan dengan baik,” katanya. (ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs