Rabu, 24 April 2024

Kepengurusan Baru IIPG Ajak Kaum Perempuan Peduli Kanker Serviks

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kegiatan bakti sosial berupa tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (14/3/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) memberi perhatian khusus terhadap kanker serviks. Hari ini, Rabu (14/3/2018), perhimpunan para istri politikus Partai Golkar itu melakukan kegiatan bakti sosial berupa tes Inspeksi Visual Asetat (IVA).

Kegiatan yang digelar di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat itu merupakan rangkaian kepengurusan baru yang dikukuhkan Selasa (13/2/2018). Melalui kegiatan yang digelar selama dua hari itu, IIPG memfasilitasi tes IVA bagi 500 warga di sekitar DPP Golkar.

Yanti Airlangga Ketua Umum IIPG mengatakan, perempuan sangat rentan terhadap penyakit kanker, terutama kanker serviks. Menurutnya, penderita kanker serviks di Indonesia sudah mencapai 21 ribu kasus per tahun.

“Di Indonesia, penyakit ini telah menyumbang kematian yang cukup besar. Ini memprihatinkan bukan,” ujar dia saat menyampaikan kata sambutan dalam bakti sosial IIPG.

Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan satu diantara penyakit yang paling ditakuti kaum perempuan. Berdasar data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, sepertiganya adalah penderita kanker serviks.

Merujuk data WHO, Yanti mengungkapkan bahwa setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks. Karena itu, kanker serviks menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian perempuan.

Yanti menambahkan, melalui kegiatan bertema Sehat Bersama Golkar itu, IIPG hendak mengingatkan kaum perempuan tentang bahaya kanker serviks sekaligus mengimbau peserta yang hadir untuk senantiasa memeriksakan diri sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan.

Lebih lanjut Yanti mengatakan, kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan antisipasi sejak dini melalui tes IVA. Sayangnya, kata Yanti, sebagian besar penderita kanker serviks baru menyadari saat kondisinya sudah parah.

“Saya berharap Ibu-ibu senantiasa waspada dan menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan, khususnya terkait bahaya kanker mulut rahim dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Bakti sosial kali ini sekaligus mengawali program kepengurusan IIPG periode 2018-2019. Selain tes IVA, ada pula donor darah bersama dan bazar murah dalam bakti sosial IIPG kali ini.

“Melalui baksos ‘Sehat Bersama Golkar’, mari meriahkan acara ini agar menjadi motivasi kita bersama untuk menuju masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera,” pungkasnya.(faz/iss)‎

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs