Selasa, 30 April 2024

Lampu Inspirasi Alam Dipamerkan Mahasiswa Desain Interior UK Petra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lampu-lampu karya mahasiswa Desain Interior UK Petra pada pameran di gedung P. Foto: Humas UK Petra

Sejumlah 9 produk lampu karya mahasiswa Program Studi Desain Interior semester 3 Universitas Kristen Petra (UK Petra) dipamerkan di gedung P lantai 3 kampus UK Petra.

Karya ini merupakan bagian dari pameran mata kuliah Desain Produk Interior 1 yang dijadwalkan digelar hingga 2 Oktober 2018 di gedung P.

“Tugas ini melatih mahasiswa bereksperimen dengan bentuk-bentuk alam dan bahan lembaran untuk merancang lampu dekoratif. Mahasiswa diminta me-redesain produk lampu duduk yang sudah ada untuk didesain ulang,” terang Grace Setiati Kattu, S.Sn, M.Ds., dosen pengampu Desain Produk Interior, Kamis (27/9/2018).

Bahan yang digunakan oleh mahasiswa menggunakan bahan lembaran seperti kertas dengan jenis kertas Kalkir atau Kinstrik atau PVC. Mahasiswa mengadaptasi dari ide alam yang sebelumnya mereka sudah ekplorasi sebelumnya.

“Ada 22 mahasiswa pada tugas ini, tapi kami pilih 9 karya yang terbaik untuk dipamerkan. Mahasiswa mencari ide alam seperti flora atau fauna atau alam kemudian di eksplorasi tampilannya. Mulai pola atau motif, tekstur, warna hingga fungsi mekanisme alam,” papar Grace.

Karya para mahasiswa angkatan 2017 tersebut merupakan bagian dari eksperimen bentuk dan bahan mata kuliah Desain Produk Interior 1.

Diharapkan nanti, setelah memamerkan karyanya para mahasiswa dapat membuat atau merancang satu produk final di akhir semester berupa aksesoris interior seperti lampu, cermin, jam atau bentuk-bentuk lainnya.

Pada proyek kali ini, para mahasiswa mengerjakannya mulai dari dasar yaitu dengan cara menggunting bahan yang ada hingga melipat.

Itu terlihat pada satu diantara karya yang dibuat Agrippina Fleta Eddi Wiyanto, yang memberi judul karyanya Mymecodia Amazonica.

Karya ini tergolong unik dan bagus, Agrippina mengambil ide alam dari perpaduan antara tekstur sarang semut dengan Lotus raksasa.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs