Sabtu, 18 Mei 2024
Honda Safety Riding

Lewat Permainan Ular Tangga, Ajarkan Keselamatan Berkendara

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Permainan Ular Tangga Safety Riding untuk Dewasa di Kampung Kerapu Pelopor Aman, Surabaya, Minggu (14/10/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Mengajarkan keselamatan berkendara tak melulu harus melalui ceramah atau praktek berkendara. Media permainan seperti ular tangga juga bisa menjadi sarana mengajarkan keselamatan berkendara pada warga.

Roadshow Kedua Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya 2018 di Kampung Kerapu Pelopor Aman, Surabaya, pada Minggu (14/10/2018) ini misalnya. Belasan warga dari berbagai umur, mulai anak-anak kecil hingga dewasa diajarkan keselamatan berkendara lewat permainan ular tangga.


Permainan Ular Tangga Safety Riding untuk Anak-anak di Kampung Kerapu Pelopor Aman, Surabaya, Minggu (14/10/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Jika pada permainan ular tangga biasa pemain hanya perlu duduk dan menggerakkan pion serta melempar dadu, di acara ini, manusia yang bergerak sebagai pion mengikuti angka yang muncul di dadu yang di lempar. Melihat itu warga sangat antusias mengikuti permainan ini.

Bedanya dengan ular tangga biasa, disini kotak-kotak ular tangganya berisi sosialisasi keselamatan berkendara seperti ‘Gunakan Helm Standar, Melindungi kepala dari benturan ketika terjadi kecelakaan’.

Menyerupai kondisi di jalan, di papan ini, jika pemain masuk di kotak bertuliskan pelanggaran lalu lintas, seperti ‘Balapan atau kebut-kebutan di jalan raya ular’ dan ‘Menerobos traffic light saat sedang lampu merah’, mereka bisa merosot ke kotak-kotak dibawahnya.

Jika mereka beruntung berhenti di kotak perilaku keselamatan berkendara, seperti ‘Merawat kendaraan secata rutin dan berkala’ dan ‘memakai sarung tangan saat berkendara tangga’ mereka bisa naik ke kotak di atasnya.

Diharapkan, permainan ini bisa menjadi pengingat agar warga senantiasa berhati-hati dan mematuhi peraturan di jalan raya.

Sebagai informasi, acara ini adalah bagian dari roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya yang akan digelar di 15 kampung di seluruh wilayah Surabaya.(bas/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs