Selasa, 7 Mei 2024

Long Weekend, Penumpang di Terminal Purabaya Naik 50 persen

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Situasi di ruang tunggu penumpang Terminal Purabaya, Jumat (30/3/2018) siang. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Memasuki libur panjang (long weekend) dalam rangka menyambut perayaan Hari Paskah 2018, jumlah penumpang di Terminal Purabaya Bungurasih Kecamatan Waru, Sidoarjo mengalami kenaikan hingga 50 persen dari hari biasanya. Lonjakan penumpang itu terjadi sejak Kamis pagi (29/3/2018), hingga pada malam hari.

Hardjo Kasubnit Operasional Purabaya mengatakan jumlah kenaikan penumpang pada long weekend ini, mencapai 51.341 penumpang, dengan total armada bus sebanyak 1.042. Angka tersebut naik dari hari biasanya, yang hanya mencapai 28.000 hingga 29.000 penumpang per hari.

“Lonjakan jumlah penumpang itu puncaknya terjadi kemarin. Mulai pagi sampai malam, penumpang terlihat memadati terminal. Kalau hari ini memang masih ada peningkatan, tapi penumpangnya tidak sepadat hari kemarin,” kata Hardjo, kepada suarasurabaya.net, Jumat (30/3/2018).

Hardjo menambahkan jumlah penumpang yang meningkat pada long weekend ini, masih didominasi oleh penumpang lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, lanjut Hardjo, tetap ada. Namun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Hardjo mengatakan ada beberapa rute yang menjadi favorit penumpang pada long weekend kali ini. Pada bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), kata Hardjo, rute paling favorit yaitu Solo dan Jogjakarta, dengan jumlah penumpang sebanyak 6.078 orang. Sementara untuk bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), rute paling favorit diantaranya Surabaya-Kediri sebanyak 6.708 penumpang, Surabaya-Malang sebanyak 6.971 orang, dan Surabaya-Banyuwangi sebanyak 6.785 orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya telah berkoordinasi dengan DAMRI, untuk penambahan bus armada.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak DAMRI, untuk mengangkut pengumpang jarak pendek terutama Surabaya-Jombang dan Mojokerto, yaitu ada penambahan 2-3 armada. Untuk yang jarak jauh, yaitu Surabaya-Ponorogo, ada penambahan bus sebanyak 2 armada,” tambahnya. (ang/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
28o
Kurs