Jumat, 29 Maret 2024

Mahasiswa Indonesia di Selandia Baru Ikuti Pembekalan Bela Negara

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kegiatan Indonesia Young Leaders Forum 2018 yang diikuti para pelajar Indonesia di Selandia Baru. Acara ini berlangsung pada tanggal 20 - 22 Juli 2018 bertempat di Kedubes RI Wellington, Selandia Baru. Foto: Istimewa

Kedutaan Besar Republik Indonesia Wellington bekerja sama dengan Indonesia Studies Forum (ISP) dan PPI Wellington menyelenggarakan kegiatan Bela Negara dengan tema Indonesia Young Leaders Forum 2018 kepada para pelajar Indonesia di Selandia Baru. Acara ini berlangsung pada tanggal 20 – 22 Juli 2018 bertempat di Kedubes RI Wellington, Selandia Baru.

Tujuan dilaksanakannya diklat ini adalah mempersiapkan mahasiswa menjadi komponen pendukung dalam konsep Total Diplomacy, sebagai garda terdepan dalam membela nama baik, mempertahankan kedaulatan NKRI dan kepentingan Indonesia serta menjadi agen handal dalam mendukung tugas-tugas KBRI dan Kantor Athan Selandia Baru.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Tantowi Yahya Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga.

Dalam sambutannya, Duta Besar Tantowi Yahya menegaskan bahwa pentingnya kegiatan pembekalan bela negara bagi mahasiswa Indonesia di Selandia Baru untuk mengetahui sejarah Indonesia berbasis fakta khususnya tentang Papua.

Selain itu, diklat ini juga akan memberikan pemahaman dan kemampuan lainya seperti public speaking, infografis, dan media respon.

“Dengan memiliki kemampuan yang akan didapat dalam mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mendapat ilmu untuk konter informasi,” ujar Tantowi dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (21/7/2018).

Tantowi Yahya juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran Alexander Kapisa Pejabat Pemprov Papua sebagai pembicara utama dalam kegiatan tersebut dan mengulas mengenai perkembangan kini Papua.

“Sejumlah 45 mahasiswa perwakilan dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang tersebar di seluruh wilayah Selandia Baru antara lain Auckland, Wellington, Hamilton, Palmerston North, Christchurch, Invercargill dan Dunedin antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diklat tersebut,” jelasnya.

Kata dia, Diklat tersebut merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab seluruh komponen bangsa termasuk Kedubes RI Wellington untuk mewujudkan generasi muda yang memiliki jiwa cinta tanah air, nasionalisme, rela berkorban dan pantang menyerah.

Sementara itu, Kolonel Ridha Hermawan Ketua Pelaksana kegiatan Bela Negara “Indonesia Young Leaders Forum 2018” menyambut baik antusiasme dan partisipasi para mahasiswa Indonesia dalam mengikuti kegiatan tersebut dan berharap kegiatan pembekalan ini akan memberikan nilai positif kepada generasi muda untuk menjadi Kader Muda Bela Negara yang menjadi role model bagi masyarakat yang membawa mamfaat dan kontribusi positif bagi peningkatan kesadaran bela Negara di masyarakat. (faz/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs