Jumat, 26 April 2024

Pangdam V Brawijaya Siap Kirimkan Pasukannya Bantu Korban Gempa dan Tsunami

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Mayjend TNI Arif Rahman Pangdam V Brawijaya. Foto: dok suarasurabaya.net

Kodam V Brawijaya siap mengirim pasukannya untuk membantu korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala. Mayjend TNI Arif Rahman Pangdam V Brawijaya mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 1.500 pasukan, yang terdiri dari beberapa batalyon.

Seperti Batalyon 500 Raider, Batalyon Kavaleri, Batalyon Zeni, dan Batalyon Arhanud. Ribuan pasukan itu, kata dia, siap dikirim apabila pasukan yang berada di lokasi membutuhkan bantuan, mulai dari proses evakuasi maupun kegiatan distribusi logistik.

“Pasukannya siap. Sekarang ini, Batalyon 516 sedang berada di Lombok. Terus Batalyon 500 Raider baru kembali dari Papua. Jadi ada pasukan, kalau misalnya siap digerakkan ya Batalyon 500. Ada lagi pasukan lainnya,” kata Arif di Makodam V Brawijaya, Surabaya, Minggu (30/9/2018).

Selain telah mempersiapkan pasukannya, Arif juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengumpulkan beberapa bantuan untuk korban gempa dan tsunami. Rencananya, bantuan logistik itu akan dikirim paling lambat Senin (1/10/2018) besok, dengan kapal yang ke arah Sulawesi.

“Jadi dari jajaran Kodam V Brawijaya akan mengirimkan bantuan berupa logistik ke tempat bencana. Setelah dikumpulkan, nanti hari Senin akan kita kirim menggunakan kapal yang ke arah Sulawesi,” kata dia. (ang/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs