Jumat, 26 April 2024

Pawai Alegoris dan Kirab Benda Pusaka Peringati Hari Jadi Nganjuk

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Abdul Wachid Badrus, Plt Bupati Nganjuk, saat kirab dalam acara pawai alegoris serta kirab benda pusaka, di Kabupaten Nganjuk, Senin (9/4/2018). Foto: Instagram @nganjukkotabayu

Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyelenggarakan pawai alegoris serta kirab benda pusaka. Pawai ini merupakan adat prosesi rutin di Kabupaten Nganjuk tentang perpindahan pemerintahan dari yang sebelumnya di Kecamatan Berbek ke wilayah kota.

Abdul Wachid Badrus, Pelaksana Tugas Bupati Nganjuk di Nganjuk, Senin (9/4/2018) mengemukakan, kegiatan ini sengaja digelar sebagai wujud warga Kabupaten Nganjuk yang menjunjung tinggi budaya leluhur. Prosesi ini juga menggambarkan wujud gotong royong warga Nganjuk dalam membangun negara.

“Budaya yang sudah bagus ini mari dijaga dan lestarikan. Lestarining Budaya Mujudake Kuncaraning Bangsa,” kata Abdul Wachid yang dilasir Antara.

Agus Irianto Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Nganjuk menambahkan, alegoris merupakan istilah di Kabupaten Nganjuk, yaitu prosesi boyongan atau perpindahan pemerintahan dari dulunya di Kecamatan Berbek ke wilayah kota.

“Jadi, alegoris itu prosesi boyongan pemerintahan dari Berbek ke Nganjuk. Dalam prosesinya, diikuti Bupati dan istri dan semua forkopimda,” kata Agus.

Ia menambahkan, kegiatan prosesi itu selain alegoris juga ada kirab benda pusaka. Pawai alegoris tersebut dibuka oleh Plt Bupati Nganjuk yang juga diikuti seluruh Forkopimda Kabupaten Nganjuk.

Abdul Wachid bersama Pimpinan DPRD Kabupaten Nganjuk, AKBP Nyoman Dewa Nanta Wiranta Kapolres Nganjuk, Letkol Arh Sri Rusyono Dandim 0810/Nganjuk beserta jajaran Forpimda Kabupaten Nganjuk lainnya awalnya berkumpul di Pendopo Kabupaten Nganjuk, yang kemudian bersama-sama berangkat menuju Alun-Alun Berbek.

Setelah menerima sambutan berupa Uyon-Uyon dari Sanggar Karawitan SDN 1 Berbek dan Tari Jurit Anjuk Ladang, acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan kegiatan. Laporang disampaikan oleh Gondo Hariyono Kepala Dinas Disparporabud Kabupaten Nganjuk dan dilanjutkan dengan sambutan dari Plt Bupati Nganjuk. Dalam kesempatan tersebut, sambutan juga disampaikan dalam bahasa jawa.

Setelahnya, Plt Bupati Nganjuk bersama seluruh Kepala OPD pemerintahan Kabupaten Nganjuk beserta istri, berjalan menaiki kereta kencana dari Alun-Alun Berbek. Mereka mengenakan pakaian tradisional.

Dalam prosesi tersebut, juga dikirab dua pusaka yakni Tombak Jurang Penatas dan Payung Tunggul Wulung menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk. Sesampainya di pendopo, rombongan disambut dengan Tari Penyambutan Maeswara Swatantra Anjuk Ladang. Selanjutnya, dua pusaka yang dibawa tadi diserahkan kepada Mbah Jaswadi dan Mbah Semi selaku sesepuh.

Selain prosesi tersebut, sejumlah acara juga digelar dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Nganjuk 2018. Salah satunya adalah upacara peringatan hari jadi yang akan digelar pada Selasa (10/4/2018). (ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs