Kamis, 25 April 2024

Pengusaha Abad 21 Harus Ingat Kembangkan Eksplorasi

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Rhenald Kasali Founder Rumah Perubahan. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Eksplorasi dalam dunia bisnis menjadi sebuah keharusan di tengah dunia ekonomi yang sudah sangat berubah. Di tengah-tengah revolusi Industri 4.0, eksplorasi yang penuh ketidakpastian sangat dibutuhkan agar pengusaha tidak tergerus jaman.

Rhenald Kasali Founder Rumah Perubahan menyebut, eksploitasi yang menjadi ciri khas mindset pengusaha lama akan mengalami kehancuran dan kehabisan. Namun, ia menyebut, selalu ada kesempatan-kesempatan baru muncul ketika hal lama habis.

“Manusia adalah makhluk berpikir, sehingga akan terus ada inovasi,” kata Rhenald ketika menjadi pembicara di Suara Surabaya Economic Forum (SSEF) 2019 pada Rabu (5/12/2018) malam.

Saat ini, banyak pengusaha yang masih berkutat pada eksploitasi. Rhenald menyebut, praktek tersebut sangat berbahaya. Ia mengibaratkan eksploitasi sebagai sebuah sumur minyak yang disedot. Suatu saat, sumur tersebut pasti akan kering, begitu juga dengan bisnis yang mengandalkan eksploitasi.

“Tapi pemain lama lupa. seolah tidak ada persoalan. Lalu ada anak muda bernama Nadiem Makarim yang hanya memiliki platform. Tapi sekarang ia menjadi salah satu pengusaha kaya di Indonesia,” katanya.

Rhenald mengingatkan pada para peserta SSEF 2019, bisnis 2019 akan menyangkut siapa yang berani mengambil tindakan. Ini karena, 2019 menyangkut ketidakpastian. (bas/dim/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs