Sabtu, 4 Mei 2024

Polisi Amankan Terduga Pelaku Kasus Kecurangan UNBK SMP di Surabaya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. UNBK. Foto: Dok suarasurabaya.net

Kasus dugaan kecurangan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di salah satu SMP Negeri di Surabaya, masih berlanjut. Polisi telah memeriksa sejumlah saksi dari internal Dinas Pendidikan dan sekolah yang bersangkutan. Dari hasil pemeriksaan itu, polisi menemukan adanya dugaan keterlibatan pihak sekolah terkait kasus ini.

Kombes Pol Rudi Setiawan Kapolrestabes Surabaya mengatakan pihaknya telah mengamankan terduga pelaku yang mengakses komputer UNBK secara ilegal.

“Pelaku sudah ada yang kita amankan,” kata Rudi, Senin (30/4/2018).

Namun, Rudi belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait kasus UNBK itu. Pihaknya berjanji akan segera mengadakan press conference dengan sejumlah awak media, untuk mengungkapkan yang sebenarnya.

“Kita cari waktu dulu untuk merilisnya,” jelasnya.

Sebelumnya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya merespon adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) di salah satu SMP Negeri Surabaya.

Temuan awal ditemukan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya yang saat itu sedang memantau jalannya proses UNBK SMP/MTs melalui Pos terpadu.

Adanya kecurangan pada pelaksanaan UNBK tersebut, bukanlah sebuah kebocoran soal. Namun, ada indikasi akses illegal yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dirinya juga belum bisa memastikan apakah soal ujian yang diakses secara illegal tersebut yang benar diujikan.

Di sekolah tersebut, terdapat 35 komputer. Tapi yang diakses oleh teknisi ada 5 komputer. Kemudian soal itu difoto oleh teknisi dan diberikan ke pihak luar untuk dikerjakan. (ang/bid/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs