Rabu, 29 Mei 2024

Pria yang Diduga Bunuh Diri dari Atap Masjidil Haram Berkebangsaan Prancis

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Umat muslim melakukan tawaf keliling Kabah selama menjalani ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekkah, pada 4 Mei 2018. Foto: Dok/Liputan6.com

Jumat (8/6/2018) waktu setempat, jemaah yang sedang beribadah di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi heboh karena kematian misterius sosok pria asing yang terjatuh dari atap masjid.

Seorang juru bicara kepolisian Mekkah mengatakan, insiden itu terjadi Jumat malam pukul 21.20 waktu setempat. Pria itu jatuh dengan tubuh mendarat di kerumunan jemaah yang sedang melakukan ibadah.

Juru bicara itu, sebagaimana dikutip Saudi Press Agency, menyatakan, “Jenazahnya dilarikan ke rumah sakit dan masih menunggu hasil penyelidikan,” katanya, seperti dikutip Liputan6.com dari Al Arabiya, Sabtu (8/6/2018).

BBC, mengutip pernyataan pejabat Arab Saudi dan Prancis yang dilansir Saudi Press Agency (SPA) (kantor berita resmi Arab Saudi) melaporkan, pria itu merupakan seorang pria berkebangsaan Prancis yang diduga bunuh diri.

Kementerian luar negeri Prancis membenarkan, pria yang jatuh di Masjid Haram adalah warga negara Prancis. Demikian sebagaimana dikutip dari kantor berita AFP. Namun, pejabat Kemenlu Prancis tidak merinci data diri pria itu.

Sejumlah laporan yang belum bisa diverifikasi kebenarannya, dilansir BBC menyebutkan, pria itu berusia 26 tahun. Tindakan bunuh diri pria ini terekam video dan menyebar luas ke media sosial.

Sementara itu, atas kejadian ini, Kepolisian Arab Saudi mengatakan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui bagaimana pria itu menaiki pagar besi di atap bangunan masjid sebelum akhirnya meloncat.

“Penyelidikan masih berlangsung,” kata pejabat kepolisian Saudi dikutip BBC.

Pihak kepolisian juga menyatakan, aksi bunuh diri ini menjadi insiden yang langka terjadi di Mekkah, meski bukan merupakan yang pertama kali terjadi di kota suci itu.

Tahun lalu, seorang pria Arab Saudi mencoba membakar diri di depan Ka’bah, tetapi aksinya itu berhasil dihentikan oleh petugas keamanan setempat.(den)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs