Minggu, 21 Juli 2024

Ratusan Rumah di Tambang Boyo akan Ditertibkan untuk Akses Jalan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Petugas Kecamatan Tambaksari memberikan sosialisasi terkait rencana penertiban bangunan di Tambang Boyo. Foto: Istimewa

Sekitar 359 bangunan rumah non permanen di Jalan Tambang Boyo, Kecamatan Tambaksari, Surabaya akan ditertibkan Pemkot Surabaya untuk akses jalan menuju Suramadu.

Rencana, di tempat itu akan dibangun jalan sepanjang 500 meter tembus ke pertigaan jalan Jolotundo Baru dan Jalan Bronggalan.

Ridwan Mubarun Camat Tambaksari mengatakan, pihaknya tengah melakukan tahap sosialisasi kepada warga. Menurut Ridwan, sebagian besar warga setuju atas langkah Pemkot ini karena mereka tahu kalau rumahnya berada di atas lahan Pemkot dan sebagian lahan PT KAI.

“Dalam RTRW Kota, kawasan yang ditempati ratusan rumah itu memang difungsikan untuk jalan. Nah, sekarang kami mau kembalikan fungsinya sebagai jalan,” kata Camat Tambaksari Surabaya, Selasa (8/8/2018).

Ridwan mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait sedang mendata warga yang sudah mendapat ganti rugi sebelumnya. “Karena ada beberapa yang sudah berpindah kepemilikan atau dijual oleh penghuni sebelumnya,” kata Ridwan.

Ganjar Siswo Pramono Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Surabaya mengatakan, rencana pembongkaran ratusan rumah di Jalan Tambang Boyo masuk dalam atensi Tri Rismaharini Walikota Surabaya. Saat ini Pemkot tengah melakukan verifikasi rumah mana saja yang sudah mendapat ganti rugi.

“Selain itu kami juga memetakan mana lahan milik Pemkot dan lahan milik PT KAI,” kata Ganjar. (bid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
30o
Kurs