Senin, 6 Mei 2024

Segera Bangun Terminal 4, Bandara Soetta Bisa Menampung 100 Juta Penumpang

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Istimewa

PT Angkasa Pura II (Persero) akan membangun Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta. Rencana itu untuk meningkatkan kapasitas bandara hingga 100 juta penumpang.

Yado Yarismano VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) mengatakan, pembangunan rencananya dimulai tahun 2021 dan ditarget selesai tahun 2023.

“Pembangunan ini untuk meningkatkan kapasitas Bandara. Selama ini sangat padat sekali, maka dari itu kami mengembangkannya,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (8/9/2018).

Menurut catatan PT Angkasa Pura II, di akhir tahun 2017 kemarin terminal Bandara Soekarno-Hatta sudah melayani 43 juta penumpang, sedangkan untuk kapasitasnya hanya menampung 44 juta penumpang.

“Tentu itu sangat padat. Makanya kami bertahap meluaskan terminal 1, 2, dan 3 dulu. Kami berharap pada tahun 2020 itu kapasitas terminal Bandara bisa menampung 60-65 juta penumpang. Kami terus kejar-kejaran dengan petumbuhan penumpang,” katanya.

Yado mengatakan, konsep awal pembangunan terminal 4 ini diperuntukkan khusus untuk full service penerbangan internasional seperti Garuda, Batik Air dan lainnya. Posisi terminal 4 nantinya berada di seberang terminal 3, luasannya 20 ribuan meter persegi.

“Kami optimalkan khusus terminal 4 ini akan menampung 35 sampai 40 juta penumpang. Kemungkinan kalau bisa mulai membangun tahun 2021, ya bisa selesai tahun 2023,” katanya.

Saat ini, kata Yado, PT Angkasa Pura II terus mengembangkan terminal 3 meski sudah dioperasikan penuh. Pembangunan lahan parkir pesawat terus dilakukan di terminal 3 untuk merapikan operasional di bandara. (bid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs