Rabu, 15 Mei 2024

Setelah Perobekan Bendera, Siapkan Sekolah Kebangsaan, Resolusi Jihad dan Surabaya Juang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Parade Surabaya Juang merupakan peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Setelah rampung mementaskan drama kolosal peristiwa Perobekan Bendera Merah Putih Biru, Heri Prasetyo seniman yang juga koreografer, mulai mempersiapkan pementasan Teatrikal Resolusi Jihad, Sekolah Kebangsaan dan Surabaya Juang.

“Ini memang agenda tahunan yang sudah digelar Pemerintah Kota Surabaya. Setelah drama perobekan bendera merah putih biru di Hotel Majapahit, sekarang ini kami mulai mempersiapkan 3 kegiatan besar yang kami gelar di Surabaya,” terang Heri Prasetyo.

Sekolah Kebangsaan adalah kegiatan pertemuan dengan siswa sekolah yang menghadirkan nara sumber diantaranya Tri Rismaharini Walikota Surabaya juga para pejuang yang tergabung dalam Legiun Veteran Repulik Indonesia (LVRI) Jawa timur.

“Para siswa diajak ketempat-tempat bersejarah di Kota Surabaya. Seperti di rumah HOS Cokroaminoto atau rumah WR Soepratman. Nara sumber dihadirkan untuk memberikan semangat serta mengajak pelajar mencintai bangsanya,” terang Heri Prasetyo.


Teatrikal pertempuran di Kota Surabaya di perempatan Jl. Raya Darmo, bagian dari Parade Surabaya Juang. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Untuk pementasan Teatrikal Resolusi Jihad, lanjut Heri pihaknya memang sudah menggandeng Tugu Pahlawan sebagai lokasi pementasan berkaitan dengan peringatan Hari Santri Nasional.

“Pementasan Teatrikal Resolusi Jihad dijadwalkan dipentaskan pada 22 Oktober 2018 di Tugu Pahlawan. Teatrikal ini berkaitan dengan Hari Santri Nasional. Dan tentu saja teatrikal ini menggambarkan peran serta para santri dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia,” papar Heri.

Beberapa kegiatan lain di bulan Oktober 2018 juga mulai dipersiapkan Heri, diantaranya teatrikal Budi Utomo di Museum GNI pada 27 Oktober 2018 sebagai bagian peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Dan pada 30 Oktober 2018 bertempat di Taman Jayengrono Jembatan Merah dipentaskan teatrikal Pertempuran Surabaya atau dikenal dengan peristiwa tewasnya Jenderal Mallaby.

Seluruh rangkaian kegiatan setelah pelaksanaan Drama Kolosal Peristiwa Perobekan Bendera di Hotel Majapahit pada Rabu (19/9/2018) dijadwalkan bakal dipuncaki Parade Surabaya Juang yang diagendakan pada Minggu 4 November 2018.

“Parade Surabaya Juang adalah puncak seluruh kegiatan yang sudah kami awali dengan drama kolosal Perobekan Bendera Merah Putih Biru di Hotel Majapahit Surabaya. Parade Surabaya Juang kami pentaskan Minggu (4/11/2018) dengan start Tugu Pahlawan dan akan berakhir di Taman Bungkul. Tahun ini temanya: Wira Bangsa,” pungkas Heri Prasetyo, Kamis (20/9/2018).(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
25o
Kurs