Sabtu, 20 April 2024

Usai Shalat Idul Adha, Ribuan Jemaah Padati Tenda Penyerahan Hewan Kurban

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Jemaah shalat Idul Adha 1439 Hijriah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya berlangsung tepat pukul 06.00 WIB, Rabu (22/8/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1439 Hijriah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya berlangsung tepat pukul 06.00 WIB, Rabu (22/8/2018).

Adapun yang bertindak sebagai khotib adalah KH Ahmad Mujayyid Pengasuh Pesantren Ibaddurahman Malang, dengan tema “Menyingkap Tabir Nabi Ibrahim AS sebagai Landasan Keselamatan dan Keberhasilan Hidup”. Yang menjelaskan, tentang keberhasilan Nabi Ibrahim AS saat melewati cobaannya, dengan kesabaran dan ketaqwaan.

Sedangkan untuk imam Shalat Idul Adha adalah KH Ahmad Muzakky Alhafidz Imam Rowatib Masjid Al Akbar Surabaya. Pelaksanaan shalat Idul Adha juga dihadiri Soekarwo Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Terpilih dan Forkompimda, beserta sekitar puluhan ribu jemaah.

Setelah shalat Idul Adha, akan dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban dari Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI, Soekarwo Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Terpilih, dan jajaran Forkopimda kepada Masjid Al Akbar Surabaya.

Dari pantauan suarasurabaya.net, puluhan ribu masyarakat masih terlihat memadati masjid. Mereka memanfaatkan momen hari raya kali ini, dengan berfoto bersama keluarga di depan masjid. Sekaligus juga ingin menyaksikan penyerahan hewan kurban di tenda sebelah selatan masjid.

Beberapa sapi yang berjejer di tenda, menjadi pusat perhatian dari para jamaah. Salah satunya, sapi pemberian dari Joko Widodo Presiden RI yang bobotnya paling besar dari sapi lainnya. Tidak sedikit dari jemaah yang bergerombol, saling berebut ingin berfoto bersama sapi tersebut.

Suasana semakin ramai, ketika Soekarwo dan Khofifah mendatangi tenda untuk melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis kepada pihak Masjid Al Akbar Surabaya.

“Bismillah, sapi kurban dari Pak Jokowi dengan berat satu ton, saya serahkan ke Masjid agar disampaikan pada fakir miskin,” kata Soekarwo saat menyerahkan hewan kurban.

“Saya menyerahkan hewan dan kepada panitia Qurban Masjid Al Akbar Surabaya mudah-mudahan manfaat dan barokah,” kata Khofifah yang juga menyerahkan hewan kurban.

Helmy M. Noor Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mengatakan total hewan kurban yang terkumpul hari ini, sebanyak 26 ekor sapi. Dari 26 sapi itu, di antaranya 1 ekor dari Jokowi Presiden, 8 ekor dari Gubernur dan Forkopimda, 17 ekor dari Dinas Jatim. Sedangkan untuk hewan kurban kambing, sudah terkumpul sebanyak 61 ekor.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan berlangsung pada Kamis (23/8/2018). Distribusi daging kurban akan diserahkan kepada masyarakat, sesuai dengan data Keluarga Miskin (GAKIN) dari Kelurahan Pagesangan dan Gayungan. Serta pengajuan dari lembaga sosial yang sudah diverifikasi.

Helmy menambahkan bahwa tidak ada pembagian kupon maupun pembagian daging qurban di lokasi Masjid Al Akbar Surabaya. Panitia justru akan mendatangi langsung masyarakat penerima daging kurban. (ang/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs