Sabtu, 27 April 2024

Wujudkan Destinasi Wisata Visual Baru, Festival Mural Internasional Kembali Digelar

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Salah satu mural karya Panggon 140. Foto: panggongallery

Mengumpulkan Street Artist dari berbagai negara, Galeri Panggon 140 kembali menggelar Yard Fest, festival seni mural di Surabaya pada Kamis-Sabtu (6-8 September 2018). Hong, Show Director Yard Fest 2018 menjelaskan, festival mural internasional ini merupakan perwujudan dari pergerakan seni jalanan yang telah dimulai sejak tahun 2017 lalu.

Tujuan festival mural Internasional tahunan di Surabaya ini, untuk menjalin silaturahmi antar street artist antar negara dan memperkuat koneksi. Pada tahun ini, artis mural internasional berasal dari Singapura, Jepang, Vietnam, dan Kanada.

Event ini juga berharap dapat menggagas banyak destinasi wisata budaya baru di Surabaya. Katanya, festival ini berusaha menghadirkan sesuatu yang lebih fresh di Surabaya. Nantinya, spot-spot lukisan mural ini bisa menjadi destinasi wisata fotografi yang memiliki nilai tinggi.

Terkait Tembok-tembok yang digunakan, Hong mengatakan, mereka telah mendapatkan ijin dari para pemilik tembok di 13 spot tersebut. Semua tembok tersebut menghadap ke jalan dan dapat dinikmati umum.

Ia menjelaskan, perkembangan seni mural di Indonesia cukup membanggakan. Indonesia sendiri telah menjadi skena pergerakan mural terbesar di Asia Tenggara. Di kalangan artis mural Eropa dan Amerika, Indonesia juga telah dikenal dengan sangat baik.

Selain acara menggambar di 13 titik, Festival ini juga akan ditutup dengan acara musik, makanan, dan pasar seni di waroeng frontage A.Yani pada tanggal 8 September 2018 mendatang. (bas/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs