Jumat, 19 April 2024

Dishub: Kesiapan e-Ticketing Bus AKDP di Jatim 70 Persen

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menyatakan, kesiapan e-ticketing Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Jawa Timur sudah 70 persen.

Fattah Jasin Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur mengatakan, dinasnya masih menyiapkan infrastruktur penunjang e-ticketing.

“Kesiapannya sudah 70 persen. Saya kira 2019 sudah bisa kita wujudkan,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Minggu (4/10/2018).

Dia mengatakan, penerapan e-ticketing ini diharapkan bisa menghilangkan praktik calo dan ketidakpastian harga yang harus dihadapi para pengguna jasa.

“Selama ini, kalau dengan karcis, selain banyak calo, harga tiketnya tidak ada kepastian. Dengan online seperti kereta api, tarifnya menjadi pasti dan seragam,” katanya.

Sebelumnya, Isa Anshori Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim mengatakan, uji coba e-ticketing tahap awal dilakukan untuk trayek Surabaya-Malang.

Tidak hanya e-ticketing, Dishub Jawa Timur juga sedang menyiapkan
program Inovasi lainnya. Di antaranya kartu terintegrasi yang memuat data ramp check Bus AKDP.

“Nanti data seperti KIR dan data lainnya bisa masuk ke kartu yang saat ditempel ke mesin semua data muncul. Selama ini kan mereka bawa dokumen yang bisa saja hilang,” katanya.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs