Senin, 22 Juli 2024

Upacara HUT ke 73 Korps Marinir Ditandai Pembaretan Kasal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan pembaretan KASAL dilaksanakan diatas Tank Amphibi Marinir. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pelaksanaan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 73 tahun Korps Marinir, Kamis (15/11/2018) dilapangan Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karang Pilang Surabaya dilaksanakan dengan upacara, sekaligus ditandai dengan pembaretan kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL).

Sebelum dilakukan pembaretan atau pemberian baret khas Korps Marinir, KASAL menaiki sebuah Tank Amphibi Marinir, memasuki lapangan upacara, didahului puluhan tank dengan mengeluarkan asap berwarna merah muda.

Dari dalam puluhan tank kemudian berhamburan keluar prajurit Korps Marinir berseragam loreng dan baret merah muda, membentuk formasi berbaris rapi untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke 73 tahun Korps Marinir.

Tembakan salvo ke udara, yang dilakukan ratusan prajurit Marinir dari masing-masing senjata serbu yang mereka pegang, dilapangan upacara Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra pagi itu, menandai bakal dimulainya upacara.


Defile pasukan Korps Marinir, serta kendaraan tempur Marinir mewarnai pelaksanaan upacara HUT ke 73 Tahun Korps Marinir. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sebelum pelaksanaan pembaretan, KASAL didampingi Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswanto S.H., M.H., M.Tr (Han) Komandan Korps Marinir, diatas Tank Amphibi yang membawa mereka langsung menempati posisi.

Diudara tiga prajurit Marinir, yang satu diantara mereka adalah pembawa baret yang akan dikenakan KASAL, terlihat melayang-layang menggunakan parasut dengan mengambil titik drop zone tidak jauh dari Tank Amphibi.

Setelah ketiga prajurit peterjun payung dari Korps Marinir mendarat dengan selamat, langsung mengambil posisi siap untuk memberikan baret. Komandan upacara segera memberikan posisi pelaksanaan pembaretan.

Berhadap-hadapan dengan Dankormar, KASAL menerima baret yang dibawa satu diantara penerjun prajurit Marinir dan langsung mengenakan baret khas Korps Marinir berwarna merah muda tersebut, disambung dengan salam Komando bersama Dankormar.

Usai mengenakan baret, secara resmi, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji KASAL menjadi warga kehormatan Korps Marinir. Kemudian langsung melakukan pemeriksaan pasukan peserta upacara dalam rangka peringatan HUT ke 73 tahun Korps Marinir.

Sementara itu, pelaksanaan upacara peringatan HUT ke 73 tahun Korps Marinir diwarnai dengan berbagai kegiatan. Selain pembaretan KASAL, ditampilkan juga tari Gandrung Sewu dari Banyuwangi, penampilan aksi pertempuran jarak dekat yang dilaksanakan Detasemen Jalamengkara (Denjaka), terjun payung oleh prajurit TNI dan Brimob, serta defile pasukan dan kendaraan tempur Korps Marinir.

Selain dihadiri segenap keluarga besar Korps Marinir, kegiatan upacara dalam rangka peringatan HUT ke 73 tahun Korps Marinir ini juga disaksikan warga masyarakat.(tok)

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
25o
Kurs