Sabtu, 27 April 2024

Aspirasi Mahasiswa Terbelah, Ingin Masuk Gedung dan Ada yang Audiensi di Luar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Massa aksi demonstrasi di depan gedung DRPD Jatim, yangg mulai memanas dengan adanya pelemparan botol minuman ke dalam gedung. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Lautan mahasiswa terus memadati Gedung DPRD Jatim dan terus meneriakkan orasi-orasi, untuk mendesak masuk ke dalam gedung dan menggelar sidang rakyat peripurna, Kamis (26/9/2019).

Namun disisi lain, massa yang berada di sebelah selatan gedung juga membuat kerumunan tersendiri yang menyatakan ketidaksetujuan jika massa menguasai dalam gedung. Mereka lebih tertarik untuk menyeret Ketua DPRD Jatim atau anggota DPRD yang lain, untuk keluar menemui mahasiswa dan melakukan audiensi.

Disana, mereka akan mendesak perwakilan dari DPRD Jatim untuk menyatakan sikap terkait penolakan atas RUU KPK dan RKUHP.

Sebelumnya, kondisi mulai memanas saat para peserta mulai melemparkan botol minuman ke arah gedung. Namun Koordinator Lapangan (Korlap) segera mengingatkan agar peserta aksi menjaga kedamaian demonstrasi.

Airlangga Pribadi Dosen Universitas Airlangga yang ikut dalam aksi tersebut, bahkan sampai naik ke atas mobil komando untuk meredam amarah peserta yang mulai ricuh. Ia mengingatkan bahwa aksi harus belangsung damai dan tidak ada lagi perpecahan di depan gedung DPRD Jatim.

Aksi kali ini mempersoalkan Rancangan Undang-Undang yang dibahas dan akan ditetapkan oleh DPR RI. Mereka mendesak untuk segera menetapkan RUU P-KS dan meminta RKUHP, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan segera dibatalkan, beserta isu lainnya.(bid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs