Jumat, 3 Mei 2024

Butuh Biaya Nikah Anaknya, Bapak Ini Nekat Bobol Jok Motor Curi Uang

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Konferensi pers kasus pembobolan jok motor berinisial MT (49) warga Jalan Kedondong Kidul Surabaya oleh Polsek Tegal Sari. Foto: Istimewa

Seorang laki-laki berinisial MT (49) warga Jalan Kedondong Kidul Surabaya ditangkap polisi terkait kasus pencurian. Pelaku yang bekerja sebagai tukang sampah ini nekat merusak jok motor yang terparkir di halaman toko di Jalan Kedungsari, Surabaya.

Kompol Rendy Surya Kapolsek Tegalsari mengatakan, awalnya korban memarkirkan kendaraannya. Tak jauh dari TKP, pelaku melihat korban sedang memasukkan sejumlah uang ke dalam jok motornya dan meninggalkan lokasi.

Pelaku memanfaatkan kelengahan petugas parkir yang saat itu sedang sibuk membantu pengendara. Pelaku langsung mendekati motor kemudian memasukkan tangan ke jok motor korban dan mengambil uang senilai Rp6,5 juta.

“Pengejaran terhadap pelaku tak berlangsung lama. Setelah mendapat laporan, kami tindak lanjuti dengan mengantongi CCTV yang merekam aksi pelaku. Ciri-ciri pelaku yang tak lain adalah tukang sampah yang biasa berada di TKP. Selang beberapa jam, pelaku kami amankan,” kata Rendy, Kamis (25/7/2019).

Rendy mengungkapkan, pencurian ini bukan kali pertama bagi pelaku. Sebelumnya, pelaku juga pernah melakukan hal yang sama di kawasan Sawahan, dan di depan toko tempatnya biasa mencari sampah.

Kepada polisi, pelaku mengaku nekat melakukan itu untuk membayar utang. Selain itu, dia juga sedang membutuhkan biaya untuk acara pernikahan anaknya yang akan digelar dalam waktu dekat.

“Ini sudah ketiga kali (mencuri, red). Untuk membayar utang dan biaya nikah anak saya. Bulan Agustus ini acaranya. Selebihnya untuk makan dan beli minuman alkohol,” ungkap pelaku.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun. (ang/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs