Jumat, 26 April 2024

CEO Boeing Tolak Seruan untuk Mundur

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Foto udara pesawat Boeing 737 MAX yang tidak terbang terlihat terparkir di Boeing Field di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Senin (1/7/2019). Foto: Reuters

Dennis Muilenburg Kepala Eksekutif Boeing pada Rabu menolak seruan berulang kali untuk mundur dari anggota parlemen AS dan seorang ibu dari korban meninggal dalam salah satu kecelakaan Boeing 737 MAX, yang menewaskan 346 orang.

Ketika ditanya apakah dirinya menawarkan untuk mundur atau berencana mengajukan surat pengunduran diri, Muilenburg menjawab: “Tidak.”

Muilenburg menghadapi pertanyaan agresif selama berjam-jam terkait pengetahuannya soal peristiwa, yang menyebabkan Boeing 737 MAX jatuh di Indonesia dan Etihopia, yang berujung pada larangan penerbangan di seluruh dunia.

Ia mengaku bahwa Boeing akan mengandangkan pesawat tersebut setelah kecelakaan pertama pesawat milik maskapai Lion Air tak lama setelah lepas landas dari Jakarta.

“Kecelakaan ini terjadi dalam pengawasan saya. Saya merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikan ini,” kata Muilenburg, yang gelar ketua dewan miliknya dicopot awal Oktober ini, seperti dilansir Antara.

“Anda benar benar tidak menyadari bahwa anda memiliki pesawat yang rusak, yang memperlihatkan ketidakmampuan dan atau kelalaian yang begitu parah. Atau, anda memang sudah tahu bahwa pesawat anda rusak, tetapi masih berupaya melemparkannya ke pasar, dalam kasus ini hanya korupsi yang jelas,” kata Jesus Garcia, Perwakilan dari Illinois.

“Anda kapten pesawat ini. Budaya kelalaian, ketidakmampuan atau korupsi berawal dari atasan dan itu dimulai dari anda,” kata Garcia, menambahkan: “Saya rasa sudah waktunya anda mengajukan surat pengunduran diri, iya kan?”

Perwakilan Paul Mitchell, mantan CEO perusahaan kecil, mengatakan kepada Muilenburg bahwa ia akan mundur dari jabatannya mengingat kondisi ini “karena Saya bertanggung jawab.” (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs