Sabtu, 8 Oktober 2022

Ciptakan Perahu dari Paralon untuk Angkut Sampah dari Sungai

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Perahu dari paralon yang diciptakan oleh warga Kedung Tarukan Baru, Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Keterbatasan sering kali menciptakan kreativitas, salah satunya perahu dari paralon yang diciptakan oleh warga Kedung Tarukan Baru, Surabaya. Prihatin melihat kondisi sungai di kampungnya yang penuh dengan sampah, terciptalah perahu paralon yang digunakan warga untuk mengangkut sampah yang ada di tengah sungai.

Sunoto Ketua RW 6 Kedung Tarukan Baru, Mojo, Surabaya mengatakan dirinya sudah memiliki ide membuat perahu untuk mengangkut sampah. Pasalnya setiap kali kerja bakti membersihkan sampah yang ada di sungai, warga sering kali kesusahan.

“Saya harus punya perahu, bagaimana caranya. Idenya kebetulan di masjid itu ada paralon besar tidak dipakai. Akhirnya izin sama yang punya. Akhirnya saya ajak teman saya yang punya alat gergaji dari besi,” ujarnya kepada suarasurabaya.net pada Rabu (3/4/2019).

Ia mengatakan saat ini kampungnya masih memiliki satu perahu dan sudah diuji coba pada Rabu (3/4/2019) sore. Ia mengaku akan menambahkan papan di badan perahu agar lebih aman. Ia juga prihatin melihat perilaku beberapa warga yang masih membuang sampah seenaknya ke sungai.

“Kita nggak tahu siapa yang buang, tahu-tahu ada popok, ada sampah. Nah itu nanti diambili, diangkut juga,” katanya.

Ia menyebut kegiatan bersih sungai akan dilaksanakan rutin setiap minggu. Ia berharap dengan adanya perahu paralon ini, anak muda di kampungnya bisa lebih semangat membersihkan sungai.

Terkait peran pemerintah, ia mengaku sudah mengajukan pengadaan perahu pada saat Musrenbang kota Surabaya yang digelar beberapa waktu lalu. Saat ini, ia masih menunggu perahu tersebut yang rencananya direalisasikan pada tahun 2020 mendatang. (bas/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Sabtu, 8 Oktober 2022
26o
Kurs