Minggu, 19 Mei 2024

Dua Kecamatan di Jember Banjir

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
TRC Penanggulangan Bencana BPBD Jember mendatangi lokasi banjir di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Kamis (7/3/2019). Foto: Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember menyebutkan, ada dua kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur dilanda banjir akibat hujan deras intenstitas sedang hingga tinggi yang mengakibatkan air masuk ke permukiman warga, Kamis (7/3/2019).

“Hujan deras dengan intensitas lebat menyebabkan puluhan rumah terendam banjir di Kecamatan Puger dan Wuluhan. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut,” kata Heru Widagdo Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember di Jember.

Menurutnya, banjir di Kecamatan Puger akibat saluran afur dan persawahan tidak cukup menampung debit air akibat hujan deras yang mengguyur kawasan setempat sehingga air meluber ke permukiman warga.

“Di Kecamatan Puger ada 20 rumah terdampak banjir di Desa Kasiyan timur dan Grenden, sedangkan di Kecamatan Wuluhan ada 12 rumah yang terdampak banjir di Desa Lojejer dan Ampel,” katanya dilansir Antara.

Dia mengatakan tim reaksi cepat (TRC) Penanggulangan Bencana langsung menuju ke lokasi banjir dan melakukan assessment serta mendistribusikan bantuan kepada korban banjir.

“Kami juga mengirimkan tim untuk menilai kerugian yang terdampak banjir di Kecamatan Puger dan Wuluhan. Proses pendataan masih berjalan,” katanya.

Heru mengimbau masyarakat di bantaran sungai agar waspada potensi banjir. Sedangkan masyarakat di perbukitan juga waspada ancaman tanah longsor karena hujan masih diprediksi mengguyur Jember selama beberapa hari ke depan.(ant/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs