Sabtu, 20 April 2024

Green Lifestyle, Astra dan Gojek Inisiasi Motor Listrik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kembangkan green lifestyle, Astra bersama Gojek menginisasi pilot project electric vehicle atau kendaraan listrik. Foto: Humas Astra

Astra bersama Gojek berkolaborasi menginisiasi pilot project motor listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia melalui aplikasi Gojek, khususnya layanan GoRide, guna mendorong gaya hidup ramah lingkungan (green lifestyle).

Inisiatif dari dua perusahaan nasional ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas motor EV sebagai alternatif layanan transportasi berbasis aplikasi, yang mana hasilnya diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian dan pengembangan EV tahap berikutnya.

Paulus Bambang Widjanarko Direktur Astra menyampaikan bahwa kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari kerja sama antara dua perusahaan nasional, yakni Astra dengan pengalaman di bidang otomotif, khususnya di segmen roda dua, dan Gojek yang merupakan platform teknologi on-demand terdepan di Indonesia.

“Inisiatif ini sejalan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan, yakni Astra Untuk Indonesia Hijau dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” terang Paulus Bambang Widjanarko.

Ditambahkan Hans Patuwo Chief Operations Officers Gojek bahwa melalui kombinasi pengalaman di bidang otomotif dan kepemimpinan di bidang teknologi, Astra dan Gojek senantiasa berupaya yang terbaik dalam menghadirkan berbagai inovasi untuk Indonesia.

“Dalam uji coba yang dilakukan di Jakarta, mitra driver Gojek terpilih akan melayani pelanggan dengan menggunakan Honda PCX Electric yang disediakan oleh Astra,” kata Hans Patuwo.

Hasil dari uji coba yang mengintegrasikan Honda PCX Electric ke dalam ekosistem Gojek, baik pengalaman mitra driver maupun penumpang, tambah Hans, akan menjadi masukan untuk menjajaki kemungkinan pengembangan kerjasama ke skala yang lebih luas.

Uji coba penggunaan motor listrik ini mendukung ketersediaan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat, serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan melalui desain dan teknologi yang mutakhir.

Selain itu, Honda PCX Electric yang diuji coba juga menghemat biaya operasional dan biaya pemeliharaan.

Selain digunakan untuk uji coba lapangan di Jakarta, satu unit Honda PCX Electric beserta charging station nya dipamerkan di booth Gojek pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD Jakarta pada 25 Juli sampai 26 Juli 2019.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs