Jumat, 29 Maret 2024

Gubernur Pulangkan 40 Pengungsi Wamena

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat berasama salah satu pengungsi di Asrama Transito Disnakertrans Jatim, Surabaya dari Semarang, Minggu (29/9/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur memulangkan 40 pengungsi Wamena dari sejumlah daerah di Jawa Timur, yang singgah di Transito Disnakertrans Jatim, Minggu (29/9/2019).

Khofifah sempat memberikan sejumlah bingkisan dan uang untuk setiap KK pengungsi. Para pengungsi asal Sampang diantar pulang naik bus, sedangkan dari daerah lainnya naik mobil.

“Mereka saudara kita yang bekerja di Wamena, lalu ketika ada kerusuhan akibat konflik sosial mereka kembali dulu ke sini. Setelah ini akan kami komunikasikan bagaimana baiknya, mereka melanjutkan dagang dan kerja di sini atau bagaimana,” katanya.

Khofifah mengatakan, dia belum mendapat data berapa banyak warga Jawa Timur yang sedang berada di Wamena. Dia hanya mengatakan, sebagian besar mereka mengungsi di sekitar Bandara Wamena.

“Pagi tadi juga masih ada dua Hercules yang dikirim dari Abdulrahman Saleh. Kami berharap itu prioritas untuk mengajak warga Jawa Timur. Mereka sekarang ada di pengungsian di sekitar airport,” katanya.

Khofifah mengatakan, Senin (30/9/2019), Bupati Mimika akan datang ke Jawa Timur untuk bersilaturahmi dengannya. Koordinasi akan dia lakukan karena ada sebagian warga Jatim yang mengungsi saat ini di Mimika.

“Kami juga koordinasi dengan TNI AL yang pada saat itu bersama dengan RS di Jayapura. Kita sama-sama harus menjaga bagaimana situasi ini tetap kondusif. Sama-sama menyadari bahwa peristiwa di Wamena bagian dari dinamika berbangsa dan bernegara,” ujarnya.(den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs