Senin, 19 April 2021

H-6 Lebaran, Stasiun Pasar Senen Dipenuhi Pemudik ke Daerah Jawa

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Masyarakat calon penumpang mengantre masuk peron Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Sekitar 300an orang calon penumpang kereta api tujuan daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, siang hari ini, Kamis (30/5/2019), mengantre dengan tertib di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Mereka rata-rata adalah warga masyarakat yang akan pulang kampung ke daerah asalnya untuk merayakan lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi.

Pantauan di Stasiun Pasar Senen, dari siang sampai sore hari ini, selain ruang tunggu, lokasi yang dipadati calon penumpang kereta api adalah tempat mencetak tiket mandiri.

Di dua lokasi check in counter, ada sedikitnya dua orang petugas stasiun yang siap membantu kalau ada calon penumpang kesulitan mencetak tiketnya.

Petugas kebersihan juga mondar-mandir dengan peralatan kerjanya, supaya tidak ada sampah atau kotoran yang mengganggu kenyamanan.

Sedangkan di pintu keberangkatan, anggota Polri siap siaga menjaga keamanan dan ketertiban. Setiap orang yang akan masuk ke peron, diminta menunjukkan tiket dan kartu identitasnya kepada petugas keamanan.

Walau jumlahnya terus bertambah, para calon penumpang tetap mengante dengan tertib, menunggu jadwal keberangkatan.

Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi favorit masyarakat untuk mudik lebaran.

Salah seorang calon penumpang kereta api tujuan Surabaya adalah Widuri. Perempuan berusia 26 tahun yang bekerja di kantor konsultan interior daerah Jakarta, mengaku sudah biasa pulang ke Surabaya naik kereta api.

Alasannya, karena waktu tempuh yang cukup lama, dia bisa beristirahat di kereta. Dengan begitu, sesampainya di tujuan, dia bisa langsung mengerjakan kegiatan yang sudah direncanakan.

“Kalau pulang ke Surabaya saya lebih senang naik kereta api. Karena saya bisa istirahat di kereta, nanti begitu sampai Surabaya bisa aktivitas. Biasanya kalau nggak naik kereta ya naik pesawat,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Kamis (30/5/2019), di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.


Widuri calon penumpang KA Gumarang tujuan Surabaya menunggu jadwal keberangkatan di Stasiun Pasar Senen. Foto: Farid suarasurabaya.net

Untuk membeli tiket online, Widuri mengaku tidak mengalami kesulitan. Begitu tiket mulai dijual, dia langsung bisa membeli dua buah tiket Kereta Api Gumarang tujuan Surabaya.

Sementara itu, Eva Chairunisa Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta memprediksi, hari ini adalah puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Beberapa faktor yang membuat puncak arus mudik terjadi sekitar enam hari sebelum lebaran, kata Eva karena pemerintah sudah menetapkan hari libur lebaran dan cuti bersama, serta ketersediaan tiket kereta api yang sudah habis terjual.

Tiket tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur H-7 sampai H-1 lebaran, kata Eva, sudah habis terjual beberapa hari sesudah tiket resmi dijual melalui sistem online, Senin (25/2/2019).

Sampai sekarang, H-6 lebaran, total penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen tercatat lebih dari 100 ribu penumpang.

Berdasarkan data, ada 92.650 pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen sejak Minggu (26/5/2019) sampai Rabu (29/5/2019) pukul 00.00 WIB. Sedangkan, Kamis (30/5/2019) ada 24.849 orang yang berangkat.

Sekadar diketahui, lebaran tahun ini, PT KAI mengoperasikan 406 kereta api, terdiri dari 356 kereta reguler dan 50 kereta tambahan. (rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Senin, 19 April 2021
32o
Kurs