Sabtu, 18 Mei 2024

KH Maimoen Zubair Wafat di Mekkah

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
KH Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen.Desain grafis: suarasurabaya.net

KH Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen wafat di Mekkah, Selasa (6/8/2019). Mbah Moen Mustasyar PBNU wafat dalam usia 90 tahun.

Prof. DR. Ahmad Muzzaki Sekretaris Umum PWNU Jatim mengatakan, ini merupakan berita duka yang luar biasa tidak saja bagi NU tapi juga seluruh umat Islam.

“Orang dengan segala kebijaksanaannya untuk kemanusiaan dan kebangsaan kita. Salah seorang Kiai yang menjadi panutan bagi banyak orang. Termasuk diantaranya bagaimana menyatukan seluruh perbedaan di seluruh aliran dalam Islam, perbedaan internal umat Islam sendiri dan perbedaan pandangan dalam kehidupan berbangsa,” kata Ahmad Muzzaki.

Selain itu, lanjut Ahmad Muzzaki, Mbah Moen ini juga merupakan ahli Tasawuf dan ahli Fiqih yang menjadi kelebihan beliau yang tidak dimiliki banyak orang.

“Mbah Moen ini pribadi yang tidak gampang menyalahkan orang dan selalu melihat orang dari kelebihannya bukan kekurangannya,” ujar dia.

Saat musim haji seperti ini, kata Ahmad Muzzaki, KH Maimun Zubair biasanya selalu berkumpul dengan para ulama untuk berdiskusi dan memberikan wejangan-wejangan terkait semangat keagamaan.

Terkait proses pemakaman, Ahmad Muzzaki masih belum mengatahui lebih detail karena masih dikoordinasikan dengan pihak keluarga dan PBNU.

“Mohon doa bagi beliau. Semoga Allah memberikan tempat terbaik di sisi-Nya,” pungkasnya. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs