Jumat, 26 April 2024

Kebakaran Hebat Kembali Melanda Lereng Gunung Welirang

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Petugas gabungan saat berupaya melakukan pemadaman api yang melanda lereng gunung Welirang. Foto: Fuad reporter Radio Maja Mojokerto

Memasuki puncak musim kemarau, Kebakaran hebat kembali terjadi di lereng gunung Welirang. Hingga memasuki hari kedua, kobaran api masih terus membara. Bahkan api diketahui berada di enam titik.

Dari informasi yang didapat dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Mojokerto menyebutkan, kebakaran terjadi sejak Selasa malam (1/9/2019) sekitar pukul 20.30 WIB. Hingga sampai saat ini Kepulan asap pada Selasa (2/9/2019) terlihat juga membumbung tinggi di sejumlah titik.

“Siang ini api kian meluas,” ungkap Yanuar Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto, saat dikonfirmasi Fuad reporter Radio Maja Mojokerto, Rabu (2/10/2019)

Bahkan, hingga kini petugas dibantu berbagai potensi relawan terus berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Muhammad Zaini Kepala Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengatakan, ada enam titik api yang tersebar di dua lokasi sekaligus. Masing-masing, titik api berada di lokasi Blok Patok Wesi Welirang Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas dan di Blok Plorotan Welirang, Desa Ketapanrame, Trawas.

“Untuk luasan, kita masih belum bisa memperkirakan ini masih kita petakan, dengan pihak terkait,” ungkapnya.

Kata Zaini, sejauh ini petugas bersama potensi relawan diterjunkan ke lokasi kebakaran secara bertahap, kerja keras petugas dan tim relawan sedikit demi sedikit berhasil menjinakkan api. Untuk antisipasi, petugas dan tim relawan juga berupaya membuat sekat tanah agar api tidak merambat.

“Dikarenakan angin di lokasi tersebut kencang, titik api semakin membesar dan sedang dilakukannya upaya pemadaman api oleh tim,” tuturnya.

Anam Budi Prasetyo Ketua Team Stress Indonesia (TSA) yang turut serta dalam upaya pemadaman menginformasikan, sejauh ini rombongan petugas dari berbagai relawan sudah memasuki gelombang kedua untuk membantu pemadaman api.

“Tadi siang ada 30 relawan dari LPBI NU, Usar Penanggungan, Welirang komunity, ISM, TSA dan Tahura yang naik untuk pemadaman dan ini masih mencari anggota yang free untuk gelombang ketiga,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga dari juga penjinak api dari berbagai instansi masih berjibaku melakukan pemadaman. Diantaranya, perhutani, unsur TNI dari Koramil, LMDH, BPBD, dan UPT. TAHURA R. SOERJO Pacet. “Total ada sekitar 38 personil gabungan lebih dikerahkan,” pungkasnya. (fad/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs