Sabtu, 27 April 2024

Meriahnya Perayaan Imlek di Tambak Bayan Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Salah satu barongsai yang menghibur warga dalam rangka tahun baru Imlek, di Kampung Pecinan Tambak Bayan, Bubutan, Surabaya pada Selasa (5/2/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Tahun baru Imlek di Kampung Pecinan Tambak Bayan, Bubutan, Surabaya digelar meriah dengan penampilan barongsai dan tari kipas pada Selasa (5/2/2019). Barongsai-barongsai tersebut berkeliling dari gang ke gang kampung untuk menghibur warga.

Tak hanya berkeliling rumah warga untuk meminta angpau, mereka juga mengunjungi Yayasan Dharma Mulya di kawasan tersebut. Liem Kem Hao Koordinator Pemuda Tambak Bayan mengatakan, perayaan ini adalah tradisi tahunan warga Tambak Bayan sejak tahun 2013 dan terus dilaksanakan tiap tahunnya.

Anak-anak juga tak mau kalah, mereka turut meramaikan tahun baru Imlek dengan menyuguhkan tari kipas. Penampilan mereka yang lucu turut menjadi daya tarik tersendiri dari perayaan ini.


Tarian kipas yang dimainkan oleh anak-anak di Kampung Pecinan Tambak Bayan, Surabaya, saat perayaan tahun baru Imlek, Selasa (5/2/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Tak hanya itu, antusiasme perayaan tahun baru Imlek juga ditunjukkan dengan bagi-bagi permen dan angpau. Selain itu khusus perayaan tahun ini, Liem mengatakan, warga juga menghias kampung dengan lampion shio babi.

“Kami juga menghias lampion babi yang dibuat sendiri dari arek-arek Tambak Bayan,” kata Liem di Tambak Bayan, Bubutan, Surabaya pada Selasa (5/2/2019).

Sebelumnya, sejak malam pergantian hari, warga sudah mempersiapkan perayaan imlek ini. Mereka mulai menata sesaji dan sembahyang untuk leluhur mereka di rumah masing-masing. Sesaji yang dibuat di antaranya, kue keranjang, coklat, jeruk, dan permen. (bas/wil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs