Senin, 29 April 2024

Minna Minkum Nusantara Gelitik Imajinasi Rajut Nusantara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pengunjung di Galeri SJBS menyaksikan Minna Minkum Nusantara. Foto: Totok suarasurabaya.net

Minna Minkum Nusantara yang digelar di Galeri AJBS, Sabtu (9/11/2019) adalah sebuah pameran karya seni, karena didalamnya tampil berbagai media seni yang memberikan rasa berbeda. Bukan sekedar apresiasi semata.

Karya-karya seni dengan berbagai ukuran kanvas, yang memenuhi dinding lantai satu dan dua galeri dikawasan Jl. Ngagel tersebut memberikan kekuatan mengulik serta menggelitik imajinasi penontonnya.

Pun warna-warni yang ditampilkan para seniman pada kanvas masing-masing di pameran ini seakan memberikan keleluasan bagi siapa saja menterjemahkan karya itu. Belum lagi nama besar para perupa juga memberikan kenikmatan bagi imaji setiap orang bisa melangkah ke berbagai wilayah.

Sebagian besar perupa pada pameran Minna Minkum Nusantara berasal dari Jogyakarta. Tapi Lini Natalini Widhiasari perupa perempuan pada pameran kali ini berasal dari Surabaya. Meskipun para perupa yang berpameran bukan berasal dari seluruh Nusantara, tetapi paling tidak memberikan ajakan kepada siapapun untuk merajut Nusantara.

Nama seperti Nasirun, Djoko Pekik adalah jaminan bahwa pameran karya seni ini bukanlah kaleng-kaleng. Karya-karya seni rupa yang indah tetapi sekaligus memberikan ruang bagi imajinasi menempatkannya dimana saja. Yang terpenting adalah bagaimana kesenangan, kebahagiaan itu berikan para seniman melalui karya-karyanya tersebut.

Demikian juga dengan goresan Putu Sutawijaya, dengan pilihan warna terang atau bahkan memilih warna gelap, sehingga karya-karya yang dihadirkan Putu Sutawijaya berasa komplit lantaran mampu langsung menggugah imajinasi.

Meskipun pameran Minna Minkum Nusantara digelar di Kota Surabaya sebagai bentuk pameran untuk peringatan Hari Pahlawan 10 November, namun demikian disampaikan Faisal Kamandobat bahwa pameran ini diharapkan memberikan spirit.

“Tentunya kami ingin bersilaturahmi dengan kawan-kawan seniman khususnya perupa di Kota Surabaya. Dan semoga Minna Minkum Nusantara ini menjadi spirit bersama untuk merajut Nusantara bersama,” ujar Faisal, Sabtu (9/11/2019).

Pameran Minna Minkum Nusantara digelar di Galeri AJBS, mulai Sabtu (9/11/2019) dan akan berakhir pada Minggu (17/11/2019).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs