Sabtu, 20 April 2024

Minta Perangkat Gamelan Dikembalikan, Seniman THR Demo DPRD Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Seniman THR Surabaya gelar demo di kantor DPRD Surabaya, minta perangkat Gamelan dikembalikan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mengenakan pakaian karakter tokoh pewayangan, diantaranya Punakawan, Gatotkaca, Cakil dan beberapa lainnya, puluhan seniman Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya, Jumat (17/5/2019) mendatangi kantor DPRD Surabaya, berdemo, menuntut pengembalian perangkat gamelan.

“Kalau perangkat Gamelan diambil, apapun alasannya, lalu bagaimana kami harus latihan? Bagaimana kami harus tampil? Padahal, sebelum gamelan dibawa, tempat kami tampil lampunya berkurang, sebagian tempat gelap. Ini maunya apa? Kok rasanya perlahan-lahan mematikan kami para seniman tradisional,” terang Rogo satu diantara koordinator demo.

Rogo menceritakan beberapa waktu lalu beberapa orang datang di satu diantara gedung kesenian yang ada di THR Surabaya. Tanpa babibu, mereka langsung mengangkut perangkat Gamelan yang ada di gedung kesenian tersebut.

“Ternyata katanya gamelan dibawa ke gedung pertunjukan Balai Budaya. Ini maunya apa kok malah membawa pernagkat Gamelan yang bagi kami sangat penting dan dibutuhkan. Anak-anak bingung kalau mau latihan bagaimana, lhaa wong tidak ada Gamelan?” tambah Rogo.

Beberapa remaja lengkap dengan kostum penari Remo, menarikan tarian khas Suroboyoan tersebut sesaat setelah rombongan seniman THR Surabaya ini memasuki halaman kantor DPRD Surabaya di kawasan Jl. Yos Sudarso, Jumat (17/5/2019).

Seniman lainnya membentangkan poster, yang menyatakan keprihatinan tindakan pemerintah yang mengambil peranggkat Gamelan, juga tentang anak-anak yang kehilangan tempat berlatih seni tradisi.

Aksi beberapa seniman yang mengenakan pakaian tradisional, serta sosok perempuan berambut panjang yang menyalakan dupa ditengah-tengah lingkaran mengundang perhatian beberapa petugas Polisi dan awak media yang bertugas dan menunggu kedatangan rombongan seniman THR Surabaya ini ke gedung DPRD Surabaya.

Beberapa saat setelah melakukan orasi, seniman THR Surabaya yang berdemo ditemui Armuji Ketua DPRD Surabaya. “Silakan menyampaikan orasi. Setelah ini silakan beberapa orang perwakilan masuk dan bertemu dengan kami,” ujar Armuji.

Sementara itu, saat aksi demo para seniman berlangsung, petugas Polisi yang berjaga di gedung DPRD Surabaya, hanya beberapa orang saja yang melihat dari dekat aksi demo para seniman itu.(tok/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs