Jumat, 26 April 2024

Persiapan Pembangunan Alun-alun Basemen Surabaya Tertunda

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Suasana di Jalan Yos Sudarso, Selasa (18/6/2019), yang akan segera ditutup sementara selama 6 bulan untuk pengerjaan basement Alun-Alun Kota Surabaya. Foto: Denza suarasurabaya.net

Penutupan jalan Yos Sudarso untuk persiapan pembangunan alun-alun basemen Surabaya tertunda karena ada acara kenegaraan. Semula dijadwalkan 20-24 Juni namun disarankan penutupan jalan Yos Sudarso sesudah tanggal 29 Juni.

“Jadi Jalan Yos Sudarso akan mulai ditutup tanggal 1-4 Juli 2019,” kata Iman Krestian Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya.

Kata Iman, secara teknis tanggal 21 Juni alat berat sudah berada di lokasi dan personel serta jajaran kepolisian juga sudah siap. Namun karena ada pemberitahuan mendadak kalau ada acara kenegaraan jadi ditunda.

Iman menjelaskan, untuk jadwal penutupan yakni pada 1-2 Juli ditutup jalur sebelah barat Jalan Yos Sudarso sehingga kendaraan dari Gubernur Suryo menuju Yos Sudarso ditutup dulu. Kemudian 3-4 Juli akan dilakukan penutupan Jalan Yos Sudarso sisi timur sehingga kendaraan dari Jalan Pemuda menuju Jalan Yos Sudarso akan dialihkan.

Kata Iman, empat hari ini dilakukan penggalian tanah terlebih dulu. Kemudian tes untuk mengetahui jaringan juga sudah dilakukan tapi belum mencukupi untuk mengetahui titik mana letak jaringan fiber optik dan utilitas lainnya.

“Laporan utilitas apa saja sudah ada, kita sudah kirimkan pemberitahuan ke vendor fiber optik. Jadi pada saat penggalian, kami akan mengundang seluruh stake holder jaringan yang ada di sana. Untuk fiber optik ada 10 perusahaan. Undangan baru kami luncurkan lagi termasuk persil-persil di sekitar Yos Sudarso seperti Zangrandi. Selain fiber optik, ada PGN dan PDAM. Ini juga harus dengan perizinan dari Dinas PU dan Bina Marga,” ujar Iman pada Radio Suara Surabaya.

Kemudian, lanjut Iman, setelah tes PIP dan terpetakan maka semua vendor akan diajak komunikasi. Untuk persiapan pengalihan-pengalihan diperkirakan sekitar 2 minggu, sesudah itu akan ditutup total sekitar 6 bulan untuk pembuatan pondasi dan basemen baru bisa dilakukan lagi.

“Jalan akan dibongkar total, kita bangun jaringan baru kemudian baru jaringan lama akan dipindahkan. Sesudah 6 bulan itu, masih ada pengerjaan di bawah tanah, jadi 6 bulan itu diusahakan jalan bisa dilalui dulu,” katanya.

Untuk target pengerjaan, kata Iman, sampai Desember 2020 dengan anggaran APBD sebesar Rp76 miliar dan dibagi 2 tahun.

“Tujuan pembangunan alun-alun basemen ini agar Surabaya punya ruang publik sebanyak-banyaknya. Membangun ruang publik yang layak dan tentatif untuk warga kota serta wisatawan. Ada penambahan icon di Surabaya serta kado untuk masyarakat Surabaya,” pungkasnya. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs