Kamis, 25 April 2024

Pimpinan MPR Tegaskan Peran Penting Umat Islam Menyelamatkan Pancasila dan NKRI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Hidayat Nur Wahid Wakil Ketua MPR RI menyampaikan peran penting Umat Islam menjaga NKRI kepada Himpunan Mahasiswi Persatuan Islam, Senin (2/9/2019), di Bandung, Jawa Barat. Foto: Biro Pers MPR RI

Hidayat Nur Wahid (HNW) Wakil Ketua MPR RI menegaskan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan dua karya yang tidak lepas dari peran serta umat Islam.

Menurutnya, Umat Islam mempunyai andil menyelamatkan Pancasila dan NKRI. Maka dari itu, legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menepis tuduhan Umat Islam membahayakan Pancasila dan NKRI.

Pernyataan itu disampaikan Hidayat, dalam forum Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada Himpunan Mahasiswi Persatuan Islam, Senin (2/9/2019), Bandung, Jawa Barat.

“Orang-orang yang menuduh umat Islam membahayakan Pancasila dan membahayakan NKRI, saya sebut sebagai kelompok mualaf Pancasila dan NKRI. Karena mereka mengaku Pancasila tapi tidak Pancasilais, mengaku NKRI tapi tidak mengerti NKRI,” ujarnya di hadapan ratusan mahasiswi peserta acara.

Pada kesempatan itu, HNW menyesalkan adanya tuduhan kepada Ustaz Fadlan Garamatan yang dikenal dengan julukan Dai Sabun, sebagai penyebab kericuhan di Tanah Papua, beberapa hari yang lalu.

Dalam hal penyelamatan Pancasila, Hidayat menjelaskan peran dari tokoh umat Islam, yaitu KH Wahid Hasjim, Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, dan Mr.Teuku Mohammad Hasan ketika penghapusan tujuh kata dalam Piagam Jakarta menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa.

“Ketuhanan Yang Maha Esa adalah kalimat tauhid yang juga akidah Umat Islam. Dengan peran mereka akhirnya Pancasila bisa terselamatkan. Indonesia selamat dari perpecahan,” paparnya.

Sedangkan dalam hal penyelamatan NKRI, menurut Hidayat, peran tokoh Masyumi, Mohammad Natsir, sangat penting sehingga bisa mengubah Republik Indonesia Serikat (RIS) menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Mosi Integral.

Hidayat juga menyebutkan peran Amien Rais Ketua MPR periode 1999-2004, dalam amandemen UUD NRI 1945 yang mempertahankan dua hal paling mendasar, yaitu Pembukaan UUD dan Indonesia sebagai negara kesatuan.

Maka dari itu, Hidayat mengingatkan supaya generasi muda tidak melupakan sejarah bangsa, seperti istilah yang pernah disampaikan Bung Karno yaitu Jas Merah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).

“Jas Merah memang penting, tapi tidak kalah penting adalah Jas Hijau, Jangan Sekali-kali Hilangkan Jasa Ulama,” tandasnya. (rid/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs