Sabtu, 20 April 2024

Presiden Berharap Penyebab Kecelakaan Pesawat Lion Air segera Terungkap

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden didampingi Wiranto Menkopolhukam memberikan keterangan terkait penemuan CVR Pesawat Lion Air JT 610, Senin (14/1/2019), di Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengapresiasi kinerja Tim Gabungan TNI Angkatan Laut dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), yang hari ini, Senin (14/1/2019), berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT-610, di dasar laut perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Dengan data yang ada di CVR itu, Jokowi berharap KNKT bisa menganalisa, dan mengungkap penyebab kecelakaan yang mengakibatkan seluruh penumpang dan awak pesawat nahas itu meninggal dunia.

“Kami sangat menghargai penemuan CVR oleh Komando Pasukan Katak, sehingga nanti lebih memperjelas kecelakaan pesawat yang terjadi itu disebabkan oleh apa? Bisa terang benderang nanti dengan data CVR itu,” ucap Presiden, Senin (14/1/2019), di Istana Kepresidenan Jakarta.

Sekadar diketahui, CVR yang ditemukan Penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska), dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair), di dasar laut, dalam kondisi utuh.

Barang temuan itu lalu dibawa KRI Todak 631 milik TNI AL menuju Dermaga Jakarta International Container Terminal 2 (JICT 2), Tanjung Priok, Jakarta Utara, untuk diserahkan ke KNKT.

Sebelumnya, Kamis (1/11/2018), Tim SAR Gabungan menemukan Flight Data Recorder (FDR), bagian dari kotak hitam yang berisi data penerbangan pesawat, sampai terjadinya kecelakaan, Senin (29/10/2018).

Nantinya, data CVR dan FDR akan dianalisa untuk menemukan penyebab pasti jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610, rute Jakarta-Pangkal Pinang. (rid/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs