Jumat, 26 April 2024

Puting Beliung Terjang Tanggulangin dan Candi Sidoarjo

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bangunan rusak akibat angin kencang di Randegan, Tanggulangin, Rabu (13/2/2019). Foto: Hanover via e100

Angin puting beliung melanda kawasan Tanggulangin dan Candi Kabupaten Sidoarjo, Rabu (13/2/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Teguh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda saat dihubungi Radio Suara Surabaya mengatakan, angin berhembus dari arah barat dan berputar ke wilayah selatan Sidoarjo.

Berdasarkan pantauan radar BMKG Juanda, kecepatan angin 35 knot hanya terjadi di beberapa titik saja. Angin berada di dalam awan CB (Cumolonimbus) dan kecepatan angin yang terjadi saat itu diatas 35 knot.

“Angin di atas 20 knot itu harus diwaspadai, kalau angin puting beliung itu 25 knot ke atas,” kata Teguh melalui sambungan telepon.


Rumah warga rusak akibat angin kencang di Randegan, Tanggulangin, Rabu (13/2/2019). Foto: Hanover via e100

Beberapa pendengar SS membagikan informasi melalui E100 dan Whatsapp SS, bahwa beberapa kanopi ambruk dan atap rumah warga rusak di daerah Randegan, Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.


Angin kencang di Randegan, Tanggulangin, Rabu (13/2/2019). Foto: Rizki Hartanto via e100

BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini, dilansir laman resminya pada Rabu (13/2/2019), masyarakat diimbau untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi, siang, sore dan malam hari di wilayah Kabupaten Pasuruan, Bangkalan, Jombang, Gresik, Sampang, Bondowoso, Kab. Probolinggo, Sumenep, Kota Mojokerto, Jember, Kota Pasuruan, Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Kab. Lumajang, Situbondo dan Banyuwangi. (wil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs