Selasa, 7 Mei 2024

Sekjen ASEAN Apresiasi Sistem Pengelolaan Sampah di PDU Jambangan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Delegasi ASEAN yang meninjau langsung proses pengelolaan sampah di PDU Jambangan, Surabaya, Jumat (3/5/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menjadikan Kota Surabaya sebagai role model pengelolaan sampah terbaik di Indonesia. Dalam kunjungan delegasi ASEAN, Jumat (3/5/2019), KLHK memperkenalkan salah satu rumah kompos di Surabaya yaitu Pusat Daur Ulang (PDU) Jambangan.

Tiba di lokasi, sejumlah perwakilan ASEAN meninjau langsung proses pengelolaan sampah di PDU Jambangan. Mulai dari memilah sampah anorganik dan organik, hingga melihat inovasi PDU Jambangan dalam memanfaatkan larva lalat hitam untuk mengurai sampah.

Penanganan sampah yang dilakukan Pemkot Surabaya ini rupanya menuai banyak pujian terutama dari Dato Lim Jock Choi Sekertaris Jenderal ASEAN. Dia mengaku kagum dengan sistem pengelolaan sampah yang dilakukan Surabaya dan ingin ini dicontoh oleh negara lainnya.

“Bagi saya ini sangat menarik. Terutama inisiatifnya yang luar biasa dalam menyikapi isu sampah plastik. Kami sangat senang bisa ke sini. Saya pikir ini bisa menjadi contoh bagaimana manajemen pengelolaan sampah di ASEAN, dan harus ditiru oleh kota-kota lain,” kata dia saat berkunjung di PDU Jambangan.

Hal senada juga disampaikan Min Lwin Duta Besar Myanmar. Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi kinerja Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya yang menurutnya sangat berpengaruh besar untuk Surabaya.

“Saya katakan tempat ini sangat kreatif. Memang tidak lepas dari Wali Kota Surabaya yang sangat luar biasa dan sangat paham bagaimana mengatasi isu pengelolaan sampah, terlebih soal lingkungan. Saya mengapresiasi apa yang dilakukannya dan ini bisa menjadi solusi lingkungan dan kesejahteraan di masa depan,” kata dia.

Tak hanya itu, dia juga mengaku kagum dengan masyarakat Surabaya dan para pekerja di PDU Jambangan. Menurutnya, mereka punya kepedulian yang besar dan mau bersentuhan dengan sampah setiap harinya demi menjaga kebersihan lingkungan. Tanpa mereka, kota akan menjadi kotor.

“Apa yang dikelola oleh Jambangan sangat luar biasa. Saya sangat kagum. Tadi saya menulis komentar without you the whole city will be dirty,” kata dia. (ang/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs