Jumat, 19 April 2024

Tarif Jadi 16 Kali Lipat, Seorang Calo Diamankan Samsat Manyar

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Kantor Samsat Manyar Surabaya Timur.

Seorang calo yang menawarkan pengurusan berkas di Samsat Manyar, diamankan dan kemudian dibawa ke Kantor Samsat Manyar Surabaya Timur, Kamis (25/7/2019).

Tertangkapnya calo ini berawal adanya laporan dari korban yang merasa biaya jasa yang dikeluarkan lewat calo tersebut tidak wajar.

Bripka Nur Kholik Petugas Samsat Manyar Surabaya Timur mengatakan, korban membayar hingga Rp2,4 juta dari biaya administrasi normal yang hanya Rp150 ribu. Merasa ada yang tidak wajar dengan biaya yang diminta calo, korban datang ke Kantor Samsat untuk mengecek langsung.

Menurut Bripka Kholik, kronologi bermula pada Selasa (23/7/2019) lalu, korban akan melakukan mutasi dari Samsat Surabaya Timur ke Samsat Surabaya Barat. Namun saat berada di lapangan parkir, ia didatangi oleh pelaku yang menawarkan jasa pengurusan mutasi tersebut.

Awalnya, pelaku meminta imbalan sebesar Rp800 ribu. Namun menurut korban, pengurusan berkas itu tak kunjung selesai dan meminta uang beberapa kali hingga total Rp2,4 juta.

“Calo itu meminta Rp800 ribu lalu dikasihkan untuk didaftarkan, ternyata nggak selesai-selesai. Ditelpon masih belum selesai dan minta uang. Lalu nggak selesai lagi, ditelpon lagi katanya ada berkas yang kurang lalu minta uang lagi total sekitar Rp2,4 juta,” kata Bripka Kholik kepada Radio Suara Surabaya.

Padahal setelah dicek, berkas korban sebenarnya sudah selesai karena ada bukti pengambilan berkas.

Bripka Kholik menegaskan, selesainya berkas yang dibawa korban bukan karena usaha calo, tetapi memang berkas yang dibawa sudah lengkap.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak menggunakan jasa calo untuk melakukan pelayanan di Samsat Surabaya.

Menurutnya, menggunakan calo sangat merugikan masyarakat karena sistem pelayanan di Samsat Surabaya sendiri sudah berstandart ISO. Bahkan masyarakat dapat mengetahui durasi waktu dan berapa lama pelayanan tersebut akan selesai.

“Kami mewakili Samsat Surabaya Timur menyampaikan kepada wajib pajak kendaraan, harus tetap waspada dan hati-hati kepada orang yang belum dikenal lalu menawarkan bantuan. Samsat sudah berusaha semaksimalkan mungkin, tapi ini diluar zona Samsat karena di area lapangan parkir umum. Ini kejadian sudah 2x dalam 2-3 minggu,” tambahnya.

Saat ini, pelaku masih dalam introgasi internal di Kantor Samsat Manyar. Nantinya, proses selanjutnya dikembalikan lagi ke korban. Namun jika diketahui bahwa calo tersebut tergabung ke dalam jaringan, maka pihak Samsat akan mengembangkan kasus ini.

“Malam ini orangnya masih diintrogasi di internal Samsat. Kalau ada jaringannya, langsung kita bawa ke Polsek,” kata Bripka Kholik.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs